Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga

Pada umumnya seorang ibu rumah tangga berperan sebagai istri untuk suaminya dan seorang ibu untuk anak-anaknya. Seorang ibu rumah tangga bertugas untuk merawat anak, menyiapkan keperluan seorang suami, membersihkan rumah atau menyiapkan makan untuk semua anggota keluarga.

Banyak seorang wanita yang memilih untuk berhenti dari pekerjaannya demi untuk mengurus keluarga.

Namun pada zaman sekarang ini banyak ibu rumah tangga yang memanfaatkan waktu luangnya untuk berbisnis.

Banyak hal yang dapat dilakukan tanpa harus meninggalkan keluarga diantaranya:

  1. Reseller

Reseller merupakan suatu system pembelanjaan dengan kita membeli barang dari supplier dengan harga murah/grosir lalu kita menjualnya kembali dengan harga konsumen. Bisnis ini berpeluang bagus bagi ibu rumah tangga yang suka bermain sosial media di gadget atau yang pergaulannya luas.

Hal tersebut karena pemasaran secara online dengan media sosial yang dimiliki merupakan cara yang ampuh untuk berjualan karena tidak membutuhkan biaya banyak dan mudah.

Bisnis reseller ini juga termasuk bisnis dengan modal yang kecil dan bisa kita jual secara online dengan harga yang kita inginkan atau dengan harga pasar.

Banyak produk-produk yang dijual dengan system ini diantaranya fashion dari tas, baju, sepatu, aksesoris dll.

  1. Dropshipper

Dropshipper sebenarnya tidak jauh berbeda dengan reseller, hanya saja jika kita menjadi dropshipper kita tidak perlu stock barang.

Kita hanya memasarkan produk yang akan kita jual secara online dan perusahaan yang kita jualkan produknya akan mengirimkan produk ke tujuan. Mudah bukan?

  1. Bisnis Katering

Bagi ibu rumah tangga yang suka memasak dan suka bereksperimen dengan menu atau berbagai resep pilihan cocok sekali jika memilih usaha catering. Apalagi jika usaha catering yang dilakukan memiliki cita rasa yang khas dan menu makanannya beranekaragam.

Bisnis catering merupakan salah satu bisnis yang tidak pernah sepi, karena banyak orang yang membutuhkan layanan ini.

Usaha ini dapat dimulai dari skala kecil dengan cara menawarkan dan memenuhi kebutuhan keluarga, tetangga atau teman.

Namun, jika usaha catering ini ditekuni dengan giat maka usaha ini semakin lama akan semakin besar.

  1. Membuat Berbagai Kerajinan

Memiliki bakat membuat kerajinan? Yaa, hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk memulai lahan bisnis yang menghasilkan.

Namun, sebelum memulai bisnis ini Anda harus memiliki ketrampilan untuk memproduksi berbagai kerajinan dan harus mempersiapkan modal.

Selain itu hal yang perlu diperhatikan yaitu dalam membuat desain produk. Usahakan membuat desain produk yang unik dan menarik sehingga tidak ditiru oleh produsen lain.

Kunci dalam bisnis kerajinan ini yaitu harus memiliki keunikan dan kualitas yang baik di setiap kerajinan tangan yang dihasilkan sehingga menarik konsumen untuk membelinya.

  1. Bisnis Cemian Sehat/Makanan Kering

Semua orang pasti menyukai cemilan atau makanan kering, apalagi jika dinikmati Bersama keluarga saat santai.

Makanan ringan banyak digemari oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Biasanya dinikmati sambal mengerjakan pekerjaan kantor, belajar ataupun santai Bersama keluarga.

Anda bisa menjualnya di rumah atau bisa juga dititipkan ke warung atau toko-toko di sekitar rumah.

Sebenarnya masih banyak bisnis rumahan ibu rumah tangga seperti membuka took kelontong di rumah, kedai kopi, warung makan, jasa laundry dll.

Baca Juga : Pelajaran Dari Membangun Bisnis

Bisnis Rumahan Tanpa Modal

Sekarang tidak perlu khawatir dengan modal yang banyak karena saat ini banyak sekali peluang bisnis tanpa modal atau hanya dengan mengeluarkan modal kecil, diantaranya:

  1. Jasa Desain Grafis

Desain grafis merupakan salah satu bisnis jasa tanpa modal karena hanya bermodalkan laptop atau computer yang Anda miliki. Dengan ketrampilan desain yang dimiliki akan menjadikan suatu penghasilan yang menguntungkan. Sekarang ini banyak yang membutuhkan jasa desain untuk membuat logo, kartu nama, poster, flyer dll. Pekerjaan ini dapat dilakukan di rumah tanpa harus meninggalkan keluarga dan dapat mengurus keluarga.

  1. Membuka Jasa Les Privat di Rumah

Anda dapat menambah penghasilan dengan memanfaatkan ketrampilan yang dimiliki. Seperti menjadi guru les privat Bahasa inggris atau semua mata pelajaran, mengajarkan vocal, bermain music atau apapun ketrampilan yang Anda miliki.

  1. Jasa Content Writer

Banyak pengusaha online yang membutuhkan content writer untuk blog atau media sosial mereka. Jika Anda memiliki pengalaman yang bagus dalam hal menulis, Anda dapat mencari lowongan sebagai penulis lepas di internet atau bisa juga Anda membuat blog sendiri.

  1. Jasa Penerjemah

Bagi Anda yang menyukai atau bisa berbahasa asing dapat digunakan untuk mengisi waktu luang yang menghasilkan. Bisnis ini menarik karena bisa dikerjakan di rumah dan banyak perusahaan yang membutuhkan jasa ini untuk menerjemahkan dokumen, artikel berbahasa asing ke Bahasa Indonesia begitu juga sebaliknya.

  1. Online Shop

Banyak ibu rumah tangga yang memilih untuk berbisnis online shop karena mudah. Anda dapat bekerjasama dengan supplier untuk menjadi dropshipper sehingga Anda hanya akan memesan sesuai pesanan pembeli. Untuk memasarkannya lewat media sosial yang Anda miliki.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

  1. Usaha Organizer

Usaha organizer atau usaha penyelenggara acara dapat dilakukan dengan mudah apabila Anda berdomisili di Kawasan yang sebagian besar penghuninya disibukan oleh aktivitas harian sebagai pekerja kantoran atau bisnis.

Seringkali mereka kesulitan untuk mengatur waktu ketika merencanakan suatu acara, meskipun acara kecil seperti ulang tahun, syukuran dll. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk membuka jasa pengelolaan acara di permukiman Anda. Biasanya Anda diberi uang muka di awal untuk modal awal penyediaan peralatan.

Baca Juga : Bisnis Online

Bisnis Rumahan Di Kampung

Bingung mencari bisnis rumahan di kampung? Sebenarnya banyak bisnis rumahan yang bisa dilakukan di kampung seperti:

  1. Usaha Kuliner

Usaha kuliner termasuk usaha yang tidak akan pernah mati. Karena manusia yang hidup pasti membutuhkan makanan. Banyak jenis makanan yang bisa dijadikan usaha kuliner di pedesaan seperti usaha gorengan, membuka warung makan atau menjual aneka kue/maknan tradisional.

  1. Bimbingan Belajar

Bimbingan belajar sangat diminati oleh masyarakat entah itu di desa  ataupun di kota. Usaha rumahan ini termasuk usaha dengan modal yang kecil. Namun, perlu diperhatikan untuk tarif bimbingan belajarnya. Karena tarif bimbingan belajar di pedasaan jelas berbeda dengan di perkotaan.

  1. Membuka Usaha Jasa Menjahit

Untuk ibu rumah tangga yang memiliki ketrampilan menjahit dapat memanfaatkan ketrampilannya untuk menghasilkan uang. Bisnis ini sangat menjanjikan apalagi saat tahun ajaran baru dan saat lebaran. Selain menjanjikan bisnis ini juga tidak memerlukan modal yang besar.

  1. Usaha Warnet

Pada zaman sekarang ini internet sangat dibutuhkan oleh para pelajar untuk mengerjakan tugas sekolah. Anda dapat memanfaatkan peluang bisnis ini untuk membuka usaha warnet. Namun, usaha ini membutuhkan modal yang tidak sedikit karena Anda harus menyediakan computer, jaringan internet dan peralatan pendukung lainnya.

Selain itu Anda juga dapat menyediakan tempat untuk memasang wifi sehingga anak-anak dapat menggunakan tempat tersebut. Sehingga Anda tidak perlu menyediakan banyak computer.

Selain usaha diatas ada juga usaha lain yang dapat dilakukan di kampung seperti bisnis pulsa, membuka jasa elektronik, bengkel, peternakan, membuka took pakaian dll.

Baca Juga : Bisnis Sampingan

Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil

Meskipun merupakan pengurus rumah tangga, seorang wanita khususnya seorang ibu dapat memanfaatkan waktu luangnya untuk menjalankan bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga. Bisnis rumahan dengan modal kecil dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga diantaranya:

  1. Bisnis Mengolah Sampah Atau Barang Bekas

Bisnis ini merupakan bisnis dengan modal yang kecil dengan berbagai barang bekas dan sampah dapat kita beli dengan harga yang murah bahkan gratis.

Dengan barang-barang bekas tersebut dapat kita manfaatkan untuk membuat kerajinan. Kunci utama dalam bisnis ini adalah ketrampilan dan kreativitas sehingga dapat menjadikan barang bekas menjadi barang yang ekonomis.

  1. Usaha Laundry

Anda yang memiliki tempat tinggal di perkotaan atau di daerah transisi kota-desa dan Kawasan kampus sangat cocok untuk membuka bisnis laundry.

Modal yang perlu disiapkan hanya mesin cuci, setrika listrik dan pewangi atau parfum laundry. Bisnis ini bisa dimulai dengan modal yang kecil.

  1. Bisnis Jualan Pulsa

Bisnis jualan pulsa ini dapat dilakukan tanpa harus memiliki counter hp. Cukup dengan memiliki ponsel dan mendaftarkan diri kepada agen yang ada didaerah tempat Anda tinggal atau bergabung menjadi member dealer pulsa ke internet.

Bisnis ini tidak memerlukan modal yang banyak, hanya dengan modal Rp 200.000,- Anda dapat menjalankan bisnis ini.

  1. Bisnis Minuman Kemasan Cup

Banyak variasi minuman kemasan yang cukup popular untuk pemula misalnya the kemasan, ice blender, kopi cup dll. Memulai bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar cukup dengan membeli resep minuman rasa dan gelas plastic/cup.

  1. Usaha Penjualan atau Pembuatan Souvenir dan Parsel

Banyak orang yang memerlukan variasi souvenir atau parsel seperti souvenir acara pernikahan, souvenir ulang tahun, souvenir oleh-oleh dll. Dengan menciptakan souvenir yang unik, menarik dan promosi yang bagus maka bisnis ini akan berkembang menjadi bisnis yang besar.

Membuat Souvenir

Membuat Souvenir

Bisnis Rumahan Setelah Resign

Setelah keluar dari pekerjaan pasti kita ingin melakukan sesuatu yang menghasilkan untuk kesibukan di waktu luang. Banyak yang dapat dilakukan diantaranya:

  1. Jasa Memotret

Anda dapat menghasilkan keuntungan dari sebuah hobi yang dimiliki. Semakin Anda menekuni hobi yang dimiliki maka akan berpeluang untuk mendapatkan penghasilan.

Jasa Memotret

Jasa Memotret

  1. Bisnis Properti

Banyak orang-orang kaya yang menginvestasikan uangnya pada bisnis property. Karena bisnis ini tidak akan pernah habis, apalagi asset tanah yang akan selalu naik.

bisnis properti

bisnis properti

Ketika seorang investor atau pemilik property ingin menjual asset yang mereka miliki pasti membutuhkan jasa untuk memasarkannya. Hal ini akan membuka peluang bagi Anda untuk membantu memasarkan asset yang akan dijual oleh investor.

Anda dapat memanfaatkan teknologi yang ada seperti media sosial untuk memasarkan. Sehingga akan lebih mudah untuk menemukan peminat atau calon pembeli.

  1. Editor dan Penerjemah

Banyak perusahaan penerbit besar yang membutuhkan dan mempekerjakan editor atau penerjemah lepas untuk buku yang akan diterbitkan. Hal ini dapat menjadi peluang untuk Anda yang memiliki kemampuan di bidang Bahasa dan mengedit tulisan.

Demikian beberapa bisnis rumahan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang. Semoga bermanfaat ?