Bisnis Sampingan

Bisnis Sampingan Modal Laptop

Bisnis Sampingan Karyawan

Bisnis Sampingan – Jika kamu seorang pekerja atau seorang karyawan di sebuah perusahaan, pernahkah kamu berpikir untuk mencari penghasilan tambahan?

Atau gaji yang kamu dapatkan sebagai karyawan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan?

Bisa dikatakan kebanyakan orang memiliki cita cita untuk bekerja pada perusahaan sebagai karyawan atau pegawai, bahkan saat kita akan kuliah pun sudah direncanakan “kita mengambil jurusan ini untuk dapat bekerja di perusahaan itu”, betul kan?

Mendapatkan gaji yang tinggi dan bekerja pada perusahaan yang ternama merupakan idaman semua orang.

Setiap tahun banyak diadakan event bursa kerja atau job fair, dan setiap tahun juga pasti selalu penuh oleh para pencari kerja, baik lulusan baru atau fresh graduate maupun orang orang yang ingin pindah kerja.

Setiap orang saling bersaing dan berlomba menunjukan sisi dirinya yang terbaik agar dapat diterima di perusahaan yang dia inginkan.

Tetapi seringkali gaji yang diterima tidak sesuai dengan harapan kita, karena setiap perusahaan mempunyai standar gaji yang berbeda-beda.

Tiap daerah pun mempunyai  standar gaji sendiri yang biasa kita sebut dengan Upah Minimum Regional maupun Upah Minimum Kabupaten.

Jadi walaupun sudah memiliki pekerjaandan gaji tetap, hampir sebagian besar orang masih ingin memiliki penghasilan sampingan yang bisa didapatkan sewaktu waktu diluar gaji utamanya yang diterima sebulan sekali.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Alasan Orang Mencari Penghasilan Sampingan

Ada beberapa alasan yang membuat seseorang ingin memiliki penghasilan sampingan di luar gaji utamanya, antara lain:

  • Gaji Kecil atau hanya cukup untuk memnuhi kebutuhan sehari hari
  • Kebutuhan yang bertambah, misalnya seorang laki laki yang baru menikah dan harus mulai menafkahi isterinya, atau orang tua yang kebutuhan anaknya mulai banyak dan beragam
  • Kerja jauh dari orang tua, Sebagian masyarakat kita banyak yang kerja merantau, selain untuk mencukupi kebutuhan di kota perantauan, kita juga puya tanggung jawab untuk menghidupi kehidupan orang tua kita di rumah
  • Masa depan perusahaan, Kelangsungan bisnis perusahaan tidak bisa diprediksi karena hal tersebut dipengaruhi oleh kondisi ekonomi, persaingan bisnis, dll. Jika kita memiliki penghasilan tambahan maka kita akan siap jika suatu saat kita di pecat atau perushaan tiba tiba bangkrut.
  • Gaya Hidup, Semakin tinggi gaji seseorang biasanya semakin tinggi juga gaya hidupnya, mulai dari gadget baru, makanan yang lebih enak dll. Tidak ada salahnya mempunyai life style yang meningkat selagi penghasilan kita masih memenuhi

Mencari tambahan penghasilan atau bisnis sampingan ini boleh boleh saja yang penting dengan cara yang halal dan tidak mengganggu pekerjaan utama kita.

Cari Bisnis Sampingan

Bisnis sampingan bagi karyawan merupakan sesuatu yang lumrah dan biasanya perusahaan juga tidak melarang hal tersebut.

Tetapi sayangnya, banyak karyawan yang belum memulai bisnis sampingannya karena alasan modal dan belum berani keluar dari zona nyamannya.

Banyak pula karyawan yang beranggapan harus siap modal besar dalam menjalankan sebuah bisnis sampingan.

Sehingga tidak heran, banyak dari mereka yang meminjam uang ke bank untuk modal usaha.

Jika pinjaman tersebut tidak dikelola dengan baik maka besar kemungkinan justru akan membebani usahanya.

Pada akhirya bukan penghasilan tambahan yang didapat, tapi stress dan pusing karena harus membayar cicilan setiap bulan apalagi ditambah bunga pinjamannya.

Sebenarnya banyak sekali alasan kenapa kita tidak berani mencoba bisnis sampingan, mulai dari modal, tidak memiliki keterampilan, takut gagal sampai bingung dalam memilih usaha apa yang ingin dijalankan.

Jadi kalau kita baru akan mulai mencari bisnis sampingan maka carilah yang bermodal kecil atau kalau bisa yang tanpa modal sama sekali.

Mencari bisnis sampingan dengan modal yang sedikit atau yang tanpa modal sama sekali tidak hanya dilakukan oleh seseorang yang baru memulai bisnisnya, banyak karyawan, ibu rumah tangga bahkan mahasiswa sudah banyak yang melakukannya.

Baca Juga : Pelajaran Dari Membangun Bisnis

Cara Mencari Ide Bisnis Sampingan

Berikut merupakan beberapa tips yang dapat kita lakukan dan dapat menjadi inspirasi dalam mencari bisnis sampingan tanpa modal, antara lain :

  1. Hobi

Sudah pasti semua orang mempunyai hobi. Alangkah baiknya jika kita mengembangkan hobi yang kita miliki tersebut. Berawal dari hobi kita dapat menemukan peluang bisnis sampingan tanpa modal dan tetunya kita dapat menjalankannya dengan have fun.

  1. Hargailah Pengalaman

Setelah kita dapat menjalankan bisnis sampingan, pastinya banyak pengalaman yang kita dapatkan baik itu pengalaman baik (menyenangkan) atau pengalaman buruk (tidak menyenangkan).

Dari pengalaman – pengalaman tersebut kita dapat mempelajarinya untuk melangkah ke depannya dalam mempercepat kesuksesan bisnis sampingan kita.

  1. Belajar Dari Kesuksesan Orang Lain

Agar dapat sukses menjalankan bisnis sampingan kita, kita perlu mempelajarinya dari kisah kesuksesan orang lain dalam mencari peluang usaha. Mempelajari hal tersebut bisa dilakukan dengan cara bertanya langsung, mengamati atau bisa juga meniru cara kerja mereka dalam menjalankan bisnis mereka .

Peluang Bisnis Sampingan

Sebetulnya jika kita memiliki kejelian yang kuat, banyak sekali peluang usaha dalam cari bisnis sampingan tanpa modal yang besar di sekitar lingkungan kita.

Seperti memulai bisnis lewat internet atau akrab kita sebut dengan bisnis online yang sudah  terbukti mendapatkan penghasilan dan yang paling banyak dijalankan oleh kebanyakan orang saat ini.

Seperti yang kita ketahui, ada 2 macam bisnis jika dilihat dari wadah dimana kita menjalankan bisnis yaitu bisnis offline dan bisnis online.

Bisnis Offline, Bisnis offline yaitu bisnis yang dijalankan secara konvensional, memiliki barang real kemudian menjualnya.

Misalnya toko, bisa toko kelontong, toko aksesoris, toko bangunan dan lain sebagainnya. Contoh bisnis offline yang lain yaitu membuka jasa laundry, cathering, membuka les lesan dan lain sebagainya.

Jika kita karyawan yang ingin memiliki bisnis hanya untuk sampingan maka bisnis offline rasa rasanya kurang pas, karena akan menguras  waktu, tenaga dan modal yang tidak sedikit.

Dan bisnis sampingan offline ini juga beresiko mengganggu pekerjaan utama kita.

Bisnis Online, Bisnis online yaitu bisnis yang dijalankan melalui internet. Bisnis ini bisa dialankan dengan modal kecil maupun tanpa modal sama sekali. Waktu yang digunakan fleksibel, tidak membutuhkan banyak alat dan tempat, dan tentunya tidak terlalu menguras tenaga. Bisnis online ini sangat cocok untuk karyawan sebagai bisnis sampingan.

Bisnis Sampingan Modal Laptop
Bisnis Sampingan Modal Laptop

Ada beberapa cara untuk bisnis dengan menggunakan internet yang dapat kita jalankan dan kita jadikan inspirasi.

Tetapi, kita tetap harus selektif dalam memilih jenis bisnis sampingan tersebut karena mengingat kita sudah bekerja dan jangan sampai mengganggu pekerjaan utama kita sebagai karyawan. Berikut ada beberapa contoh bisnis online tanpa modal untuk karyawan atau mahasiswa yang ingin memiliki penghasilan tambahan.

  1. Menjadi Blogger atau Pengelola Blog/Website

Peluang bisnis ini lumayan menjanjikan karena kita hanya membutuhkan kemampuan menulis dan juga akses untuk terhubung ke internet. Saat ini banyak perusahaan besar yang tertarik menggandeng blogger untuk bekerja sama dengannya. Selanjutnya kita juga dapat menawarkan tulisan kita dalam blog ke perusahaan terkait meggunakan konten blog milik kita.

  1. Bisnis Online Shop

Bisnis Onine Shop ini bisa kita jalankan pada media sosial yang kita miliki, bisa facebook, instagram, twitter dan lain-lain. Barang yang bisa dijual misalnya barang barang preloved, hasil kerajinan kita atau bagi yang tidak mempunyai barang dagangan bisa menjadi dropshiper.

Dropshiper tidak harus mempunyai barang yang akan dijual, karena para dropshiper hanya berperan menjadi penghubung antara produsen/supplier dengan konsumen. Jika kita serius dalam melakukan promosi ini, hasil yang didapatkan lumayan besar, kita dapat mencari laba jualan sesuka kita.

  1. Membuka Jasa Online.

Jasa Online saat ini sedang ramai di instagram dan sosial media lainnya.

Jika kita cukup memiliki banyak teman atau follower di sosial media kita, kita bisa mencoba yang namanya Paid Promote, cara kerjanya yaitu kita mempromosikan online shop milik orang lain dan emilik online shop tersebut membayar sejumlah uang kepada kita setiap kali kita promosi.

Selanjutnya yaitu Endorse, hampir sama dengan paid promote bedanya yang kita promosikan lebih spesific ke sebuah barang/jasa/produk.

Jika kita mempunyai keahlian khusus di bidang online dan sosial media, kita juga bisa mencoba menawarkan jasa yg kita keuasai misalnya menambah jumlah follower di instagram, menambah jumlah likes di instaram, jasa auto like fans page, maupun jasa SEO.

Pada era saat ini banyak sekali peminat dan mau menjadi pelanggan kita, cara tersebut juga sangat efektif dalam mendapatkan penghasilan selain sebagai karyawan.

  1. Menjadi Youtuber/Vlogger

Jumlah view, subscribe, like, dan komen pada konten youtube bisa menjadi penghasilan, sehingga banyak sekali youtuber yang penghasilannya melebihi karyawan. Banyak konten yang bisa kita coba untuk di upload ke youtube.

Kita bisa cover lagu lagu, membuat tutorial make up, berbagi resep masakan, membuat vlogg jalan jalan dan mengenalkan tempat tempat.

Buatlah konten konten yang banyak dicari orang agar kita bisa mendapatkan penghasilan dari youtube kita. Buatlah konten video yang berkualitas, lalu monetize video kita dengan periklanan google adsense.

Selain menggunakan google adsense, untuk mendapatkan uang youtuber juga bisa melakukan endors terhadap produk/ brand ternama, ini bisa dilakukan ketika kita sudah populer yang ditandai dengan banyaknya subscribe chenel yotube kita.

  1. Menjadi penerjemah Online

Saat ini berbisnis bisa dilakukan lintas negara, banyak yang ingin memasarkan produknya hingga luar negeri namun terhalang kemampuan berbahasa asing.

Para pengusaha saat ini secara tidak langsung dituntut untuk menawarkan produk atau jasanya dengan berbagai bahasa.

Jika kita memiliki kemampuang berbahasa asing maka ini akan menadi peluang bagi kita.

Sebagai penerjemah online tidak akan menguras waktu kita sebagai karyawan, kita dapat mengerjakannya sebelum berangkat ke kantor ataupun setelah pulang dari kantor. Dan kita bisa memaksimalkan hari libur kita jika ingin mendapatkan pendapatan yang lebih.

  1. Mengikuti Survey Berbayar

Mengikuti survey berbayar dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Apabila kita mempunyai banyak waktu, mengikuti survey berbayar ini bisa sangat menguntungkan, meskipun ini adalah pekerjan sampingan.

Jika di jalankan secara konsisten dan serius maka bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Lagi pula mengikuti survey berbayar sangat cocok bagi seseorang yang memiliki waktu terbatas.