Menu Tutup

Kecerdasan Intelektual

Kecerdasan intelektual

Kecerdasan intelektual seringkali dihubungkan dengan kemampuan untuk menjawab pertanyaan dan soal-soal di sekolah.  Padahal bukan hanya itu, kecerdasan intelektual memiliki dimensi yang lebih luas dari sekedar kemampuan menjawab soal-soal sekolah.

Di dalam kecerdasan intelektual terdapat kecerdasan koginitif, kecerdasan logika dan kecerdasan logika matematika. Apa dan bagaimana itu semua berhubungan?  Mari kita simak tulisan di bawah ini lebih seksama.

Kecerdasan Kognitif

Apa si yang ada dipikiran anda jika mendengar kata kognitif?

Nah, kognitif sendiri disini adalah kemampuan untuk memecahkan masalah, kemampuan verbal dan kemampuan untuk belajar dari pengalaman sebelumnya dalam kehidupan sehari-hari.

Kecerdasan kognitif berarti kemampuan untuk mempresentasikan dunia secara tepat dan juga logis dengan konsep yang sesuai kenyataan. Kemampuan seperti ini diperoleh dari pengalaman belajar seseorang. Maka dari itu anda bisa melatih anak anda dengan cara memberi kesempatan mereka untuk lebih sering mengungkapkan apa yang ada dipikirannya, menyimak cerita dan menceritakannya kembali dan lain sebagainya. Cara tersebut bisa membantu anak untuk mengembangkan kecerdasan kognitifnya.

Jika membicarakan soal anak-anak pasti tidak jauh dengan rasa ingin tahunya yang sangat tinggi atau biasa kita sebut dengan kepo. Pada saat seorang anak ingin mengetahui sesuatu hal yang baru, ia terus mencari tahu apa itu dan bagaimana itu. Dan disitulah ia bisa berkembang dengan hal tersebut. Tetapi jika hal tersebut dibatasi anak secara otomatis akan memiliki pemikiran untuk membatasi pikirannya, dan hal tesebut bisa menghambat proses belajar untuk kedepannya.

Pada saat remaja kemampuan kognitif ini akan mencapai tingkat kematangannya dan ia akan mengetahui apa yang harus ia asah dan bisa lebih mudah untuk memahami sesuatu hal baru karna pengalamannya saat masik anak-anak bisa menjadi bekalnya disaat remaja menuju dewasa.

Baca Juga : Tentang Kecerdasan Majemuk

Contoh Kecerdasan Intelektual

Kecerdasan intelektual merupakan kecerdasan yang melibatkan otak kiri. Biasanya orang dengan kecerdasan ini unggul dalam bidang matematika dan juga sains.

Contohnya bagi Tama sangat mudah dan cepat untuk menyelesaikan sebuah teka-teki silang. Tetapi bagi Gusti mengerjakan sebuah teka-teki silang itu sangatlah membosankan dan juga rumit. Itu dikarenakan sistem kecerdasan keduanya berbeda.

Contoh lainnya adalah anak yang memiliki sistem kecerdasan ini bisa memenangkan lomba olimpiade matematika dan olimpiade sains yang lainnya. Mereka handal dalam hal linear, matematik dan logis sistematis. Karena kecerdasan ini menghasilkan hasil yang logis, akurat dan dapat dipercaya. Hal itulah yang membuat mereka mudah menyerap materi-materi yang berhubungan dengan linear, matematik, logis sistematis dan sains. Mereka bisa lebih unggul dari anak yang lainnya jika memiliki tingkat kecerdasan intelektualnya diatas rata-rata.

Kunci pada kecerdasan ini adalah dengan sering berlatih untuk menjawab soal-soal yang berkaitan dengan logika dan mencari bukti yang akurat agar dapat diterima masyarakat umum.

Kecerdasan Logika Matematika

Kecerdasan logika matematika adalah kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah, memahami situasi dengan perhitungan matematis. Seseorang dengan sistem kecerdasan ini juga bisa diartikan dengan kemampuan untuk penalaran, berurusan dengan angka-angka, dan juga berpikir jernih.

Seorang anak dengan kecerdasan ini sering dipandang lebih tinggi dari anak yang lainnya karena unggul dalam pelajaran matematika dan ia menyukai matematika. Oleh sebab itu ia mendapatkan nilai unggul dalam pelajaran matematika.

Jika anda sudah mengetahui sistem kecerdasan anak anda dan mendapati bahwa sistem kecerdasan anak anda pada kecerdasan logika matematika, maka cobalah untuk melatih anak anda dengan menempelkan rumus-rumus atau matematika dasar pada dinding-dinding kamar anak anda. Cara yang lain adalah memberi anak sempoa untuk membantu anak menghitung dan juga bisa mengajak anak bermain menggunakan logika seperti bermain catur, teka-teki dan lain sebagainya. Dampingilah selalu anak anda dalam proses belajarnya, karena dukungan anda juga sangat berpengaruh untuk masa depannya dan kecerdasannya.

Kecerdasan ini banyak dimanfaatkan diberbagai bidang kehidupan misalnya saja akuntan pasti mempunyai bakat seperti ini. Seorang bendahara suatu perusahaan juga harus memiliki kecerdasan ini walaupun hanya sedkit. Hal ini karena untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan oleh sebuah perusahaan dan juga untuk menghindarkan dari kebangkrutan. Karena matematika sebenarnya kunci dari segala bidang di dalam dunia ini. Walaupun tidak semua bidang menggunakan matematika seutuhnya, namun matematika tetap akan ada dalam bidang apapun itu. Maka dari itu jika anda tidak memiliki kecerdasan ini, berusahalah untuk bisa memahami matematika dasar yang ada.

Baca Juga : Mengenal Kecerdasan Kita

Kecerdasan Logika

Apa si yang membedakan kecerdasan logika matematika dengan kecerdasan logika saja? mari kita simak penjelasan berikut ini.

Kecerdasan logika adalah kemampuan memahami suatu masalah secara ilmiah dan lebih menggunakan logika dari kenyataan-kenyataan yang ada. Perbedaan kecerdasan ini dengan kecerdasan logika matematika adalah jika kecerdasan ini bisa menyelesaikan masalah logika dengan lebih luas dan tidak hanya berhubungan dengan matematika. Kecerdasan ini juga bisa untuk menganalisis suatu masalah dengan mengetahui kenyataan yang ada lalu menyimpulkan dengan logika dan kenyataan yang saling berhubungan.

Seorang yang memiliki kecerdasan logika biasanya memiliki kemampuan lebih dari satu atau memiliki salah satu kemampuan dibawah ini :

  1. Dapat mengolah kata-kata dan atau bahasa.
  2. Dapat melukiskan atau mengilustrasikan sebuah ilmu pengetahuan.
  3. Menentukan strategi-strategi dalam beberapa permainan, contohnya catur, teka-teki, dan lain sebagainya.
  4. Dapat merancang program komputer dan mengujinya atau biasa disebut progammer.
  5. Menyusun dan menentukan sebab-akibat dari ilmu pengetahuan.
  6. Dapat menjabarkan suatu masalah dengan beberapa masalah-masalah kecil lalu menyelesaikannya satu persatu dengan menyusun strategi yang ilmiah. Dan lain sebagainya

Baca Juga : Kecerdasan Spiritual

Penutup

Jika anda mendapati teman, anak atau diri anda sendiri memiliki kemampuan diatas cobalah untuk terus asah kemampuan tersebut dan pantang menyerah. Karena sejatinya orang sukses itu ditentukan dari apa yang kita kerjakan bukan yang kita bicarakan. Tentang membicarakan masa depan takkan ada habisnya, namun jika anda melakukannya anda akan mencapai hasil yang memuaskan jika anda bekerja dengan keras.

Anda mengetahui potensi diri anda sendiri? Mengapa tidak mencoba dan berusaha? Mengapa tidak mengasahnya agar menjadi berguna? Pikirkanlah lagi untuk potensi yang anda punya. Jangan hanya mengagumi potensi yang orang lain milikki dan terhanyut kedalamnya.

Ingatlah selalu bahwa nilai anda dalam pelajaran tidak akan selalu menentukan masa depan anda akan cerah atau suram. Namun kemauan yang besar dan niat yang tulus akan membantu anda meraih kesuksesan itu sendiri dan bisa merubah sejarah dalam hidup anda sendiri. Anda yang menentukan bagaimana anda dimasa depan dan untuk apa hidup ini. Hidup hanya satu kali, tentunya tidak untuk di sia-siakan dengan cara bermalas-malasan secara terus menerus.

Baca Juga : Kecerdasan Emosional

Anda hanya seorang lulusan sekolah dasar? Tetapi anda bisa mengoperasikan sebuah komputer? Carilah sumber-sumber terpercaya dan belajarlah dari apa yang anda bisa saat ini. Asahlah terus hingga anda mendapatkan kenyamanan dan juga passion anda. Jangan mudah menyerah hanya karna satu kali saja gagal. Jangan mudah menyerah hanya karna anda tidak memiliki komputer namun bisa mengoperasikannya, anda bisa mencari sebuah warnet dan dari situ anda bisa mencoba hal-hal baru yang lebih menarik minat dan tentunya positif untuk anda jalani.

Posted in Kecerdasan

2 Comments

  1. Pingback:Kecerdasan Musik - Yuks Belajar

  2. Pingback:Kecerdasan Linguistik, Sebuah Kemampuan Berbahasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *