Kecerdasan Sosial

Pasti anda bertanya-tanya bukan? Mengapa pada judul tertulis “kecerdasan interpersonal” sedangkan disini membahas tentang kecerdasan sosial?

Apa hubungannya?

Kecerdasan interpersonal biasanya juga disebut dengan kecerdasan sosial.

Nah, jadi disini saya menuliskan kecerdasan sosial bukan kecerdasan interpersonal. Agar para pembaca juga mengerti persamaannya antara kecerdasan interpersonal dengan kecerdasan sosial.

Kecerdasan sosial adalah kemampuan seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain, dengan mudah mengenal dan memahami orang lain, dan dapat dengan mudah untuk memberi motivasi kepada orang lain.

Seseorang dengan kecerdasan sosial yang tinggi akan dengan mudah untuk bergaul atau beradaptasi dengan orang-orang disekitarnya walaupun ia sendiri atau orang tersebut baru pindah ke tempat tersebut.

Orang dengan kecerdasan ini biasanya lebih suka bersosialisasi dikarenakan mereka akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan orang baru dan tidak sungkan untuk mengenalkan dirinya sendiri dan juga mengenal orang lain.

Orang dengan kecerdasan ini biasanya aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan orang banyak, misalnya saja ia bergabung dalam osis dalam sekolahnya atau menjadi panitia didalam acara-acara di lingkungan rumahnya.

Baca Juga : Kecerdasan Majemuk

Karena keaktifannya di dalam masyarakat biasanya ia dikenal banyak orang dan dapat dipercaya.

Orang dengan kecerdasan ini cenderung peka terhadap ekspresi wajah, suara dan juga isyarat.

Karena kepekaannya tersebut mereka akan cepat mengenal sifat dan karakter seseorang dan juga mengerti bagaimana harus merespon atau memberi tanggapan yang layak untuk seseorang.

Baca Juga : Kecerdasan Moral

Dimensi Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan interpersonal memiliki beberapa dimensi utama yang harus anda ketahui. Antara lain :

  • Sensivitivitas sosial

Yang diartikan sebagai kepekaan terhadap lingkungan sekitar atau dengan kata lain mudah dalam mengenali suasana hati seseorang, memahami reaksi-reaksi seseorang dalam sesuatu hal, dan mampu memahami karakter seseorang.

  • Sosial insight

Yaitu kemampuan seseorang untuk memamahi dan menanggapi terhadap reaksi-reaksi seseorang dengan benar dan layak.

Seseorang dengan sosial insight dapat memahami situasi sosial maupun etika sosial, sehingga ia mampu dengan cepat menyesuaikan diri.

Kesadaran diri yang baik akan memudahkan seseorang untuk memahami emosi yang sedang meluap-luap dan mampu menanganinya dengan baik, cara berpenampilan diri sendiri dan mengerti cara berbicaranya sendiri.

Baca Juga : Kecerdasan Kinestetik

  • Keterampilan komunikasi sosial

adalah kemampuan seseorang untuk menjalin dan membangun komunikasi dengan baik dalam kelompok atau individu dengan sehat.

Ketiga dimensi tersebut sangatlah penting dalam sistem kecerdasan interpersonal. Maka dari itu anda harus memahami ketiga dimensi tersebut.

Baca Juga : Kecerdasan

Contoh Kecerdasan Interpersonal

Contoh kecerdasan interpersonal adalah sebagai berikut :

  1. Seseorang yang aktif dalam berbagai organisasi di sekolah atau di kampusnya. Ia memiliki kemampuan untuk lebih mudah adaptasi dengan lingkungannya dan memiliki teman yang banyak.
  2. Seorang yang bekerja untuk masyarakat, misalnya wartawan. Seorang wartawan pasti memiliki sistem kecerdasan ini walaupun mungkin tidak dominan. Ia akan lebih banyak mempunyai seorang kenalan untuk mendapatkan informasi lebih banyak.

Baca Juga : Kecerdasan Spasial

Kecerdasan Interpersonal Menurut Para Ahli

  • Menurut Lwin

Menurut Lwin kecerdasan interpersonal adalah kemampuan seseorang untuk memahami, mengerti suasana hati atau perasaaan seseorang dan bisa menanggapi dengan benar.

  • Menurut Prasetyo dan Andryani

Menurut Prasetyo dan Andryani kecerdasan interpersonal adalah Kapasitas untuk memahami motivasi, maksud dan keinginan orang lain

  • Menurut Safaria

Menurut Safira kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan seseorang untuk meningkatkan atau mengoptimalkan relasinya pada orang lain sehingga antara kedua belah pihak akan saling menguntungkan.

  • Kecerdasan interpersonal menurut Howard Gardner

Jika anda belum mengetahui siapa itu Howard Gardner dan apa yang membuatnya selalu dibahas pada saat kita berbicara tentang kecerdasan manusia.

Nah, Howard Gardner adalah sakah satu tokoh yang menemukan dan mengembangkan sistem kecerdasan manusia. Salah satunya adalah kecerdasan interpersonal.

Menurut Howard Gardner bagaimanakah kecerdasan interpersonal?

Mari kita simak penjelasan di bawah.

Kecerdasan interpersonal menurut Howard Gardner adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sebuah relasi dan bisa mempertahankan sebuah relasi sehingga kedua belah pihak akan sama-sama merasa diuntungkan.

Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan interpersonal sebenarnya bisa dilatih dan dikembangkan.

Yaitu dengan cara mau mengenal dunia luar dan mampu dengan cepat beradaptasi terhadap lingkungan baru.

Kecerdasan ini juga akan mengurangi sifat egoisme dalam diri anda.

Dikarenakan anda akan lebih sering mendengarkan pendapat orang lain, mengalah dan berusaha menerima jika pendapatnya tidak disetujui dengan yang lainnya.

Anda juga akan lebih cepat untuk mengenal karakter orang lain dan mengerti bagaimana cara untuk berteman dengannya dan menghadapinya jika terjadi sebuah konflik.

Melatih Kecerdasan Interpersonal Pada Anak

Perlu anda ketahui bahwa anak anda juga bisa anda latih untuk memiliki sistem kecerdasan ini walaupun tidak secara dominan atau keseluruhan.

Karna kecerdasan ini juga sangat penting untuk anak anda pada saat memasuki masa sekolah.

Jika anda melatih dan mengembangkannya sejak dini, maka anak anda akan lebih mudah untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekolahnya yang baru dan ia bisa disegani oleh teman-temannya karena kecerdasannya tersebut.

Anak Bersosialisasi

Anak Bersosialisasi

Anda bisa memulai melatih anak anda dengan sering bertemu dengan saudara-saudara atau keluarganya yang jarang atau belum pernah anak anda temui.

Dari kejadian pertemuan anak anda dengan saudaranya anda bisa melihat anak anda meiliki potensi atau bakat dalam sistem kecerdasan interpersonal atau tidak.

Jika iya maka teruslah kembangkan kecerdasan tersebut dan janganlah sekali-kali mengabaikannya.

Jika ia tidak memiliki kecerdasan ini, maksudnya dengan malu-malu atau bahkan tidak mau berkenalan dengan saudara-saudara anda maka anda harus melatihnya lebih keras agar anak anda bisa lebih mengenal banyak orang dan dapat beradaptasi dengan cepat dengan lingkungan baru.

Hal tersebut pasti sangat bermanfaat bagi masa depan anak anda jika anak anda memilih untuk pergi keluar kota melanjutkan study nya atau bahkan pergi ke luar negeri.

Tidak ada yang salah jika anda terus melatih dan mengembangkan kecerdasan anak anda dalam bidang apapun.

Di masa depannya pasti akan sangat berarti dan pastinya anak akan lebih mudah untuk menemukan passionnya sendiri dan jalan hidupnya sendiri untuk masa depannya sendiri.

Jadi, anda sebagai orang tua berhentilah khawatir bahwa anak anda tidak bisa bergaul dengan teman sebayanya.

Cobalah berbagai cara agar bisa mengembangkan sistem kecerdasan tersebut.

Karena setiap anak memiliki sistem kecerdasan yang berbeda-beda.

Sekalipun anak yang terlahir kembar, mereka pastinya tidak memiliki sifat yang sama. Mereka bahkan bisa memiliki sifat yang bertentangan.

Penutup

Sampai disini dulu pembahasan tentang sistem kecerdasan interpersonal ini.

Semoga dengan adanya artikel ini akan membantu anda untuk bisa mengetahui bakat anda ataupun bakat anak anda.

Saya juga berharap semoga dengan adanya artikel ini anda bisa lebih memahami diri anda atau anak anda dengan lebih baik lagi.

Dan mengerti apa yang harus diajarkan kepada anak anda jika anda seorang orang tua yang menginginkan anak anda tumbuh dengan optimal.