Kecerdasan Kinestetik

Kecerdasan Fisik

Pengertian Kecerdasan Kinestetik

Apa itu kecerdasan kinestetik ya ?

Kecerdasan yang bagaimanakah itu ?

Mari simak penjelasan di bawah ya.

Kecerdasan kinestetik adalah kecerdasan yang memiliki kemampuan untuk menggerakan seluruh bagian tubuh untuk menyampaikan perasaan dan ide dalam bentuk olahraga, menari, menggambar, berpantomim, dan kemampuan tangan lainnya selain menggambar, misalnya dengan menulis dan lain sebagainya.

Kecerdasan ini ditandai dengan aktifnya seseorang dikarenakan ketangkasan untuk memproses perintah otak.

Kecerdasan ini juga memiliki kemampuan fisik yang khusus, misalnya keterampilan, kelenturan, kordinasi, kekuatan, kecepatan, dan kelenturan.

Seseorang yang memiliki kecerdasan ini biasanya dapat cepat tanggap jika perintah yang didapat itu melibatkan fisiknya dan akan lebih mudah untuk melakukannya karena ia memiliki kecerdasan tersebut.

Baca Juga : Kecerdasan Spasial

Kemampuan khusus ini juga meliputi kemampuan motorik halus (koordinasi mata-tangan) daya reflex, daya tahan dan kepekaan terhadap rangsangan dari luar.

Kemampuan inti kecerdasan ini bertumpu pada kekuatan gerak tubuh dan menangani suatu benda.

Kecerdasan Fisik Motorik

Kecerdasan fisik motorik merupakan kecerdasan dalam hal peragaan, kordinasi, kontrol dan kehati-hatian yang relatif melekat setelah masa kanak-kanak.

Kemampuan motorik merupakan gabungan antara stimulus dan respon. Gerak motorik sangat penting bagi manusia karena dengan gerak manusia bisa mendapatkan sesuatu hal dengan lebih mudah.

Perkembangan fisik adalah perubahan fisik yang secara terus menerus dan tidak dapat kembali lagi.

Perkembangan motorik dibagi menjadi 2 yaitu motorik kasar dan motorik halus.

Apa itu motorik kasar dan motorik halus?

Lalu apakah perbedaannya?

Simak penjelasan berikut ini.

Motorik kasar diartikan sebagai gerakan otot-otot besar atau seluruh anggota tubuh yang dipengaruhi kematangan seseorang.

Misalnya dengan kemampuan menaiki tangga dan menuruni tangga, jalan pada garis lurus menggunakan satu kaki, memanjat pohon, melompat dan mendarat dengan seimbang, berlari dengan kecepatan stabil lalu berbelok ke kanan atau kiri tanpa merasa kesulitan dan mampu berhenti dengan mudah.

Baca Juga : Kecerdasan Spiritual

Sedangkan motorik halus adalah gerakan-gerakan otot halus. Otot halus berfungsi untuk menggerakkan bagian tubuh yang lebih spesifik.

Misalnya menulis, menggambar, menggunting, dan lain sebagainya.

Untuk bisa melakukan hal itu, membutuhkan kordinasi antara mata-tangan untuk mengerjakannya.

Seseorang harus sering berlatih hal-hal kecil seperti itu agar lebih optimal untuk masa perkembangan dan pertumbuhannya. Jangan abaikan walaupun hanya hal-hal kecil karena itu bisa mempengaruhi kemampuan untuk kedepannya agar lebih optimal lagi.

Baca Juga : Kecerdasan Emosional

Kecerdasan Fisik dan Contohnya

Kecerdasan fisik merupakan kemampuan untuk mengendalikan gerakan anggota tubuh, mampu menjaga kesehatan serta kebugaran tubuhnya, cepat menirukan gerakan tubuh orang lain, dan cepat memahami gerakan olahraga yang dilihatnya. Dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri Orang Dengan Kecerdasan Fisik Bagus

Ciri-ciri orang yang memiliki sistem kecerdasan fisik antara lain :

  1. Seseorang akan lebih suka bergerak untuk menunjukan emosinya
  2. Lebih aktif dan susah untuk diam
  3. Orang yang memiliki sistem kecerdasan ini biasanya menyukai olahraga dan kontak fisik lainnya.
  4. Uniknya, orang dengan sistem kecerdasan ini biasanya menemukan ide-ide brilian saat sedang jogging atau kegiatan fisik yang lainnya.
  5. Mahir dalam mengolah barang dengan tangan atau lebih dikenal dengan kerajinan tangan.
  6. Mudah mengingat apa yang dilakukan bukan apa yang dengar atau amati.

Jika anda memiliki sistem kecerdasan ini cobalah untuk lebih mengasah kemampuan dan memperhatikan kemampuan itu seperti apa, akan menjadi apa nantinya.

Baca Juga : Kecerdasan Intelektual

Apakah akan menjadi seorang atlet, pelatih, dancer, aktor dan aktris, pengrajin, pemahat patung dan lain sebagainya.

Arahkan masa depan anda agar memiliki tujuan yang lebih jelas dan terarah. Anda menjadi lebih fokus dan memiliki tujuan yang bisa memotivasi diri anda sendiri untuk mencapai tujuan tersebut.

Kecerdasan Fisik Anak

Pastinya menyenangkan jika memperhatikan perkembang anak anda dan tingkah lakunya yang pastinya tidak jauh beda dengan diri anda.

Anda seperti sedang melihat cerminan diri anda sewaktu masih kanak-kanak. Tentunya perkembangan anak tidaklah hanya meliputi gizi yang mencukupi saja, namun dengan meluangkan waktu untuk kebugaran anak juga  sangat penting.

Karena dengan kebugaran volume otak anak akan bertambah sebesar 12%.

Itu pastinya sangat mempengaruhi kecerdasannya. Walaupun tidak begitu besar pengaruhnya, namun itu adalah satu perkembangan anak yang juga harus diperhatikan oleh anda.

Jika anda mengetahui sistem kecerdasan anak anda adalah kecerdasan fisik ini cobalah dengan melatih anak anda untuk bermain dengan melibatkan gerakan otot.

Baca Juga : Mengenali Kecerdasan Kita

Karena dengan bergerak mereka akan lebih cepat menyerap hal yang akan atau ingin disampaikan anda kepada anak anda. Anak juga akan merasa lebih senang karena itulah yang ia sukai dan dapat ia proses dengan cepat.

Apa saja ya hal-hal untuk melatih kecerdasan anak dalam sistem kecerdasan fisik ini ? mari kita simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Kecerdasan Kinestetik

Adanya kecerdasan kinestetik yang dimiliki oleh seorang anak akan membantunya dalam hal :

  1. Membantu anak untuk melakukan kegiatan-kegiatan fisik sehari-hari seperti berolahraga.
  2. Mempercepat anak ketika mempraktekkan ilmu melalui praktek.
  3. Mengkoordinasikan kegiatan rutin sehari-hari seperti mandi, makan, membersihkan rumah, dll.
  4. Mempercepat anak dalam mempelajari ketrampilan-ketrampilan seperti prakarya dan kerajinan.
  5. Meningkatkan kemampuan mobilitas anak seperti belajar bersepeda dan berlatih mengendarai kendaraan bermotor.

Cara Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik

Banyak hal yang dapat anda sebagai orang tua untuk melatih anak anda yang memiliki sistem kecerdasan ini, antara lain :

  1. Ajaklah anak anda bermain di luar ruangan misalnya bermain bola,
  2. Bermain mencari barang yang anda sembunyikan di daerah rumah anda.
  3. Ajaklah anak untuk membuat kerajinan dari tanah liat sesuai keinginan anak anda
  4. Mencoba membedakan dan mengelompokkan jenis-jenis dedaunan dan menempelkannya untuk menjadikan karya seni yang dapat di pajang di dalam kamar anak anda.
  5. Ajari anak anda untuk bersepeda dan lakukan secara rutin dipagi hari
  6. Tantanglah anak anda untuk melompat dengan jarak yang cukup jauh

Dari berbagai contoh diatas anda bisa mencoba dengan anak anda atau mengembangkan contoh tersebut agar lebih kreatif dan menarik perhatian lalu rasa penasaran anak anda.

Kecerdasan Fisik
Kecerdasan Fisik

Perlu anda ketahui bahwa anak dengan sistem kecerdasan ini lebih aktif dari anak biasanya dikarenakan mereka senang untuk bergerak dan sangat susah jika disuruh diam walau hanya sekejap.

Anak yang memiliki sistem kecerdasan ini biasanya memiliki rasa penasaran yang sangat tinggi tentang apa-apa saja yang melibatkan ia diharuskan untuk bergerak dan bermain.

Jika anda lebih sering mengajak anak anda untuk mengeksplor lingkungan disekitar anda maka ia akan lebih banyak mendapat pelajaran dari apa yang ia lakukan dan lihat.

Ketahuilah bahwa setiap anak memiliki sistem kecerdasan yang berbeda-beda dan cara mengembangkannya pun berbeda-beda, sekalipun anak anda kembar, pasti mereka memiliki cara untuk berkembang yang berbeda.

Baca Juga : Mengenal Kepribadian Anak

Maka dari itu marilah kita memperdalam pengetahuan tentanga sistem kecerdasan anak sejak dini. Karena akan mudah bagi anak untuk berkembang jika sesuai dengan minat dan kegemarannya sejak dini.

Jangan lagi memaksa ataupun mengharuskan anak melakukan apa yang kita inginkan. Namun pahami anak anda dari sistem kecerdasannya.

Maka anak anda akan berkembang dengan baik dan berkembang secara optimal di masa yang akan datang dan menjadi seorang yang cerdas dengan sistem kecerdasan yang ia miliki.

Sekolah Yang Cocok Untuk Anak Kinestetik

Memiliki anak dengan kemampuan kecerdasan kinetetik yang tinggi perlu mendapatkan arahan yang tepat supaya kecerdasannya dapat berkembangan dengan optimal.

Salah satu caranya adalah dengan memasukkannya ke dalam sekolah yang mensupport kecerdasam jenis ini.

Jenis sekolah yang cocok untuk anak dengan kecerdasan kinestetik kuat adalah sekolah yang banyak mengandalkan praktek serta memiliki bobot ketrampilan teknis yang tinggi.

Hal ini akan sangat membantu anak dengan kemampuan kinestetik untuk mengembangkan dirinya.  Karena memang mereka akan lebih mudah memahami sesuatu dengan metode praktek langsung.

Sekolah kejuruan atau kuliah-kuliah jurusan teknik akan menjadi salah satu pilihan yang dapat dipertimbangkan untuk menentukan jurusan sekolah.

2 tanggapan pada “Kecerdasan Kinestetik”

  1. Pingback: Kecerdasan Linguistik, Sebuah Kemampuan Berbahasa & Komunikasi

  2. Pingback: Kecerdasan anak - Yuks Belajar

Tinggalkan Balasan