Kecerdasan Naturalis Adalah

Apa itu kecerdasan naturalis? Apa peranannya dalam kehidupan sehari-hari dan apa manfaat untuk kehidupan manusia? Mari kita simak penjelasan dibawah ini.

Kecerdasan naturalis adalah salah satu sistem kecerdasan yang di paparkan oleh Howard Gardner, yang ada dalam sembilan macam kecerdasan majemuk.

Baca Juga : Macam-Macam Kecerdasan Menurut Ilmu Psikologi

Kecerdasan ini menunjukkan seberapa peka atau sensitif seseorang terhadap alam sekitar. Misal untuk persoalan tanaman, hewan dan alam sekitarnya mereka akan sangat antusias jika membahas atau mempelajari mengenai hal tersebut.

Biasanya orang-orang yang memiliki sistem kecerdasan ini menjadi dokter hewan, penjaga kebun binatang, mempunyai/bekerja di pet shop, dokter hewan, ahli biologi dan lain sebagainya.

Hal itu didasarkan karena kesukaan mereka yang memiliki kecerdasan ini yang berhubungan dengan tanaman, hewan dan alam sekitarnya.

Pengertian Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan naturalis menurut Howard Gardner merupakan suatu kemampuan dalam mengenali, memahami, membedakan, mengategorikan dan menggolongkan suatu tanaman, hewan dan lainnya yang menyangkut alam sekitar.

Orang dengan kecerdasan ini juga sangat mencintai alam sekitar. Ia akan berusaha tidak merusak alam sekitar walaupun dengan hal-hal kecil yang ia lakukan. Ia akan selalu berusaha untuk menjaga alam sekitarnya.

Berikut adalah pengertian kecerdasan naturalis menurut beberapa ahli/pakar lainnya :

  1. Menurut Widayati, kecerdasan naturalis adalah kemampuan untuk mengenali jenis tanaman, hewan. Misalnya asal usul hewan, proses terbentuknya galaksi, tata surya dan lain sebagainya.
  2. Menurut Prasetyo, kecerdasan naturalis adalah kapasitas tertentu untuk mengelompokkan fitur tertentu yang ada di alam sekitarnya, misalnya mengelompokkan hewan dan tanaman
  3. Menurut Jarot Wijanarko, kecerdasan naturalis adalah kemampuan seseorang untuk menyesuaikan dan berhubungan dengan alam sekitar. Jika ada orang atau oknum yang hanya bisa merusak alam sekitar hanya untuk kepentingan da keuntungan pribadi berarti mereka bukan termasuk orang-orang yang memiliki kecerdasan naturalis ini. Karena mereka tidak ada rasa cinta dan sayang terhadap alam sekitar.
  4. Menurut Armstrong, kecerdasan naturalis melibatkan kemampuan mengenali bentuk-bentuk alam sekitar. Misalnya bentuk pohon, perbedaan bentuk daun dari beberapa jenis pohon, bentuk hewan dan lain sebagainya.

Karakteristik orang dengan kecerdasan naturalis

Selain pengertian saya juga akan memaparkan karakteristik orang-orang yang memiliki sistem kecerdasan ini. Simak penjelasan berikut ini :

  1. Orang dengan kecerdasan ini memiliki kemampuan untuk dapat membedakan ciri umum atau perbedaan yang menonjol dari berbagai hal yang ada disekitarnya
  2. Memiliki kemampuan untuk memberi suatu kategori kepada tanaman, hewan atau hal lainnya yang menyangkut alam sekitar
  3. Mampu mengurutkan sesuatu hal menurut hubungannya
  4. Mampu mengingat urutan atau tingkatan klasifikasi sesuatu hal
  5. Memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi makhluk hidup dan menumbuhkan sikap empati terhadap makhluk hidup lainnya.

Tentunya masih banyak hal yang dapat dilakukan oleh sang pemilik kecerdasan ini yang tidak terduga. Mungkin anda yang memiliki kecerdasan ini pernah melakukan sesuatu hal yang lebih luar biasa untuk senantiasa menjaga alam sekitar.

Pesan saya kepada anda pemilik dan atau berpotensi memiliki sistem kecerdasan ini teruslah kembangkan bakat dan kegemaran anda selama itu bermanfaat untuk banyak orang disekitar anda.

Ciri-Ciri Kecerdasan Naturalis

Saya juga akan menjelaskan bagaimana ciri-ciri yang dapat anda kenali jika memiliki sistem kecerdasan ini. Mungkin beberapa hal sudah saya terangkan diatas. Disini akan saya perjelas agar anda mudah untuk memahaminya. Mari simak penjelasan dibawah ini.

Ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan naturalis antara lain :

  1. Suka mengamati, mengenali, meneliti tentang sesuatu hal yang berbau alamiah.
  2. Selalu ingin mengerti bagaimana suatu sistem bisa bekerja
  3. Senang memelihara hewan dan tanaman
  4. Mampu mengenali lalu membedakan suatu spesies dari objek yang disediakan
  5. Suka menggunakan alat-alat yang biasanya berada di laboratorium ipa
  6. Tertarik untuk berkarir di bidang biologi dan sejenisnya
  7. Suka menghabiskan waktu luang didekat tanaman atau alam
  8. Unggul dalam pelajaran yang mengyangkut alam misal biologi, kimia dan lainnya
  9. Sangat menikmati jika sedang berjalan-jalan di alam
  10. Menunjukkan kepeduliannya terhadap kepunahan suatu makhluk
  11. Memiliki indra yang tajam dalam penciuman, penglihatan, pendengaran dan lain sebagainya
  12. Mudah mengingat hal hal yang berada di lingkungannya
  13. Menyukai buku mengenai alam atau fenomena alam

Jika anda atau anak anda memiliki ciri-ciri yang saya sebutkan di atas kemungkinan besar anda atau anak anda memiliki sistem kecerdasan diatas.

Pentingnya Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan naturalis

Kecerdasan naturalis

Jika anda telah menemukan sistem kecerdasan anda atau anak anda, anda bisa mengembangkannya selalu dan melatihnya agar tidak hanya sekedar bakat semata. Alangkah lebih baik lagi jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari anda atau anak anda.

Orang-orang yang mampu mengembangkan kecerdasan ini akan sangat dibutuhkan oleh bumi kita saat ini.

Karena apa?

Karena bumi kita sekarang amatlah gersang dan panas karena kurangnya pepohonan dalam kota dan makin banyaknya penduduk.

Dengan hadirnya orang-orang cerdas yang akan mengolah bumi kita menjadi lebih hijau dan terawat. Serta tidak ada lagi pembunuhan berencana terhadap hewan-hewan punah yang hanya untuk keuntungan oknum tertentu saja.

Andai saja bumi kita lebih banyak orang yang memiliki kecerdasan naturalis ini pasti tidak akan adanya pembakaran liar, pemburuan liar dan lain sebagainya yang akan berdampak negatif untuk bumi dan juga lapisan ozon bumi kita ini.

Kita juga tidak akan merasakan kepanasan yang amat sangat, tetapi akan merasakan sejuk walaupun matahari sedang berada tepat diatas kepala kita.

Kita juga tidak perlu risau akan kehabisan makanan karena banyaknya yang memelihara tanamannya dengan baik lalu mengolahnya pun dengan baik pula. Akan banyak hal positif yang akan kita dapat jika semua orang menjaga bumi ini.

Penutup

Pada dasarnya sebenarnya semua orang memiliki potensi untuk mempunyai sistem kecerdasan naturalis ini.

Namun, mereka sejak dini tidak mengoptimalkan kecerdasan naturalis ini dan menyalahgunakannya.

Tuhan menciptakan manusia adalah sebaik-baiknya manusia itu. Dan menanamkan apa apa saja yang baik dalam dirinya.

Namun terkadang pengaruh lingkungan juga pendidikan sejak dini yang dapat membedakan sistem kecerdasan setiap orang.

Jika anda merasa memiliki bakat mengenai kecerdasan naturalis janganlah ragu untuk mengembangkannya. Jangan takut dengan berbagai resikonya.

Namun saran saya luruskan niat anda untuk menyelamatkan bumi kita ini walaupun dengan hal kecil sekalipun yang anda lakukan. Karena hal sekecil apapun akan selalu merubah suatu hal besar untuk kedepannya.

Akhir kata, saya sebagai penulis tidak bosan-bosan untuk anda para pembaca untuk lebih bisa mengenal diri anda sendiri agar bisa melanjutkan jalan hidup anda lebih baik lagi untuk kedepannya.

Lalu jangan mudah menyerah hanya karena kegagalan yang baru anda alami, tetapi teruslah mencoba hal baru yang akan bisa merubah sesuatu yang membuat semua orang bahagia.

Perlu di ingat bahwa kecerdasan naturalis ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang yang ada di dunia ini.