Menu Tutup

Kecerdasan Spiritual

kecerdasan spiritual

Apa itu kecerdasan spiritual?

Kecerdasan spiritual adalah sebuah kemampuan seseorang untuk mengakses kesadaran yang lebih tinggi tentang makna kehidupan dan segala sesuatu yang terjadi di dalam kehidupan itu sendiri.

Dengan memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi maka seseorang akan dapat melihat kehidupan dengan makna yang positif. Melihat bahwa segala sesuatu yang terjadi ada hikmah dan pelajarannya.

Adanya kesadaran tersebut akan dapat menjadikan seseorang yang telah memilikinya akan dapat menjalani kehidupan dengan ketenangan batin yang tinggi. Tidak mudah galau, sedih, atau putus asa.

Untuk dapat mencapai kesadaran tersebut maka seseorang itu perlu memiliki keyakinan yang kuat akan adanya kekuatan Maha Besar dari Sang Pencipta.

Keyakinan inilah yang pada akhirnya menjadi dasar baginya untuk mengambil setiap makna dalam kehidupan.
Karena yakin bahwa setiap yang terjadi dengan dirinya adalah benar adanya, serta pasti yang terbaik. Terdapat hikmah di dalam setiap kejadian.

Keyakinan itu kemudian memberikan kekuatan penuh bagi dirinya untuk tepat berjalan dan melanjutkan langkah kehidupan dengan penuh kebahagiaan dan rasa syukur.

Baginya tidak ada ketakutan yang perlu dikhawatirkan berkaitan dengan kehidupan duniawi karena memang merasa dekat dengan Sang Pemilik Kehidupan itu sendiri.

Adanya keyakinan yang positif ini kemudian membuat orang yang memiliki keerdasan spiritual tinggi akan terlihat seperti orang yang bijaksana dan arif.

Terlihat tenang dalam menjalani kehidupan dan banyak berkontribusi secara sosial di masyarakat.

Karena kecerdasan spiritual adalah pondasi, maka akan mampu mensupport kecerdasan jenis lainnya.

Baca Juga : Kecerdasan Emosional

Ini bisa dikatakan bahwa kecerdasan spiritual adalah sebuah sumber kekuatan untuk melejitkan kemampuan kecerdasan-kecerdasan yang lainnya.

Kenapa demikian?

Karena dengan kecerdasan spiritual yang tinggi, maka seseorang akan memiliki kekuatan yang lebih besar dalam mengembangkan dirinya.

Seseorang dengan kecerdasan spiritual tinggi akan memiliki banyak ilham untuk menyelesaikan masalah-masalah yang muncul dalam kehidupannya dengan cara yang bijak dan tepat.

Kemampuan menyelesaikan masalahnya juga akan sampai pada tahap menyelesaikan masalah tanpa memunculkan masalah lanjutannya.

Kemampuan ini merupakan kemampuan yang didasari oleh kemampuan untuk melihat segala sesuatu secara komprehensif atau terpadu.

Baca Juga : Mengenali Kecerdasan Kita

Melihat segala hal itu berhubungan dan memiliki koneksi serta mampu melihat hubungan itu sendiri.
Ketika ini yang terjadi, maka pada saat mengambil keputusan dia akan melihat dan menimbang, mana keputusan terbaik dengan mempertimbangkan banyak faktor.

Sehingga dapat dikatakan keputusan yang diambilnya bukanlah keputusan yang tergesa-gesa karena dorongan ketakutan atau kesenangannya semata.

Namun lebih berdasarkan pada kebaikan yang lebih tinggi.

Bagaimana kah cara untuk mendapatkan kemampuan kecerdasan spiritual yang semakin meningkat?

Sama seperti jenis kecerdasan yang lainnya, kecerdasan spiritual dapat ditingkatkan kemampuannya dalam diri setiap kita.

Cara untuk meningkatkan kecerdasan spiritual dapat dilakukan dengan cara

1. Mendekatkan diri kepada Tuhan Sang Pencipta

Mendekatkan diri kepada Sang Pencipta alam semesta akan memberikan dampak adanya keyakinan dan kepercayaan yang lebih tinggi. dalam bidang apa? Dalam hal bahwa ada kekuatan yang Maha Kuat yang slalu melindungi kita. Yang juga selalu mengawasi kita.

Dua hal itu akan mampu membuat kita terhindar dari rasa takut ketika menghadapi masalah yang muncul dalam hidup. Karena kita tahu bahwa akan selalu ada jalan keluar bagi setiap masalah yang ada.

Akan selalu ada yang membantu ketika kita membutuhkanNya. Akan ada yang memberi kekuatan ketika kita sedang merasa lemah.

Dan sumber dari semuanya itu adalah Sang Pencipta.

Bagaimana dengan kuatnya keyakinan tentang adanya pengawas yang selalu mengawasi gerak gerik kita?

Keyakinan ini akan membawa kita pada sebuat situasi untuk selalu berhati-hati ketika bertindak. Ketika akan melakukan niat yang tidak baik, akan mengingatkan kita bahwa kita di awasi.
Juga akan membuat kita semakin bersemangat untuk selalu menebar kebaikan dan manfaat.

2. Belajar ilmu agama dengan lebih dalam hingga ke makna-maknanya

Mempelajari agama akan sangat mercerdaskan secara spiritual jika diiringi dengan kesediaan kita untuk mempelajari juga makna dalam setiap ajaran yang ada di dalam agama.
Kenapa ini penting?
Penting karena memang disitulah letak rahasia kesadaran yang tinggi. Disitulah letak nilai-nilai dan value yang sesungguhnya. Dan disitulah letak dari alasan kenapa agama ada dan diturunkan.

Memahami nilai-nilai yang ada dalam agama akan membuat seseorang memiliki pandangan yang komprehensif serta utuh terhadap kehidupan. Sehingga ia akan mampu bersikap dan bertindak bijak.

Bersikap dan bertindak bijak inilah salah satu indikator dalam kecerdasan spiritual.

Baca Juga : Pengembangan Diri

3. Berdiskusi dan berinteraksi dengan orang yang telah mencapai tahap kecerdasan spiritual yang tinggi

Terkadang, tidak semua orang mampu menangkap makna kehidupan. Tidak setiap dari kita mampu membaca apa yang sebenarnya menjadi hikmah dalam setiap kejadian yang kita alami.
Kondisi inilah yang menjadikan dasar bahwa kita perlu banyak belajar dari mereka yang secara spiritual memang telah memiliki kesadaran tinggi.

Berdiskusi dengan orang yang telah memiliki kecerdasan spiritual tinggi akan mampu membukakan perspektif kita akan hal-hal yang belum kita pahami.

Berinterkasi dengan mereka akan memberikan kita contoh nyata bagaimana mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Karena memang ada diantara kita yang justru dapat belajar dengan lebih cepat ketika langsung melihat orang yang menjadi panutan kita.

Bukan hanya karena melihat langsung, pertukaran energi karena berinteraksi dengan orang-orang yang telah memiliki kecerdasan spiritual tinggi juga akan dapat membantu kita menaikkan energi spiritual kita.

Mungkin ini akan mudah penjelasannya dengan percobaan garputala yang akan mampu mengeluarkan bunyi yang sama dengan bunyi yang dikeluarkan oleh garputala pertama.

4. Membaca buku-buku tentang makna-makna kehidupan

Cara keempat untuk meningkat kecerdasan spiritual adalah dengan banyak membaca buku-buka tentang kehidupan serta makna-makna dalam kehidupan.

Buku-buku tentang kehidupan ini banyak ditulis oleh mereka yang memang kesadaran akan kehidupannya telah meningkat (baca : kercerdasan spiritualnya tinggi).

Sering membaca buku tentang materi ini akan banyak memberikan kita insight atau pencerahan yang membuka perspektif kita tentang luasnya kehidupan.

manfaat lainnya juga akan membantu kita untuk lebih memahami dunia dalam sudut pandang yang lebih variatif serta mendalam.

Terkadang ada yang menyebutkan bahwa kecerdasan spiritual seseorang akan tinggi ketika usianya semakin bertambah.

Ada benarnya namun tidak selalu benar.

Dalam hal ini penulis lebih setuju apabila kecerdasan spiritual seseorang akan tinggi ketika tingkat kedewasaan seseorang juga meningkat. Dan seringkali kedewasaan tidak berbanding lurus dengan usia.

Banyak dijumpai orang dengan usia tua namun belum dewasa, dan demikian pula sebaliknya. Banyak anak-anak muda yang memiliki kedewasaan sehingga akan lebih bijak dalam memahami hidup.

Jika demikian, lantas apa yang menjadi faktor bagi tinggi atau rendahnya kecerdasan spritual seseorang?
Kecerdasan spiritual ini akan erat kaitannya dengan kesediaan seseorang untuk memahami kehidupan dengan lebih mendalam.

Membuka dirinya untuk selalu belajar dan menerima bahwa memang kehidupan itu saling terhubung. Bahwa segala sesuatu itu memiliki koneksitas.

Kecerdasan spiritual juga akan erat hubungannya dengan kesediaan seseorang untuk dengan rendah hati belajar dan terus belajar memahami makna-makna kehidupan. Menurunkan egonya agar kesadaran itu mau masuk ke dalam hati dan pikirannya.

Posted in Kecerdasan