Kecerdasan Visual Spasial

melatih kecerdasan spasial visual

Pengertian Kecerdasan Visual Spasial

Kecerdasan visual spasial merupakan kemampuan seseorang untuk menerjemahkan suatu gambar atau lukisan, peta, puisi yang tersirat.

Seorang dengan kecerdasan ini memerlukan pemahaman akan matematika, logika, menggunakan otak kiri dan kanan, geometris dan juga menghubugkan konsep spasial dan angka.

Kecerdasan ini juga mampu menafsirkan sebuah informasi yang diterima otak untuk bisa dibayangkan atau digambarkan dalam bentuk 2 atau 3 dimensi.

Kemampuan ini tentunya tidaklah mudah karena untuk mengingat dan menerjemahkan suatu hal membutuhkan imajinasi yang tinggi dan daya talar yang luar biasa.

Baca Juga : Kecerdasan Spiritual

Mereka yang memiliki kecerdasan ini memang tidak memiliki kemampuan yang cukup banyak, namun jika kemampuan ini dikembangkan dengan maksimal maka akan sangat menguntungkan untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

Banyak orang yang tidak menyadari kemampuan seperti ini dikarenakan pengetahuan yang kurang tentang sistem kecerdasannya dan juga kemampuan atau bakat yang dimilikinya.

Untuk mengetahui sistem kecerdasan anda hal pertama yang anda lakukan adalah memperhatikan hal-hal yang anda sukai terlebih dahulu lalu membaca lebih banyak materi tentang sistem kecerdasan yang anda miliki. Setelah mengetahui itu anda bisa melatih dan mencoba hal-hal yang dapat mengasah kemampuan anda.

Misalnya anda menyukai menggambar dan dapat dengan mudah untuk menafsirkan suatu informasi yang tersirat itu berarti anda memiliki sistem kecerdasan visual spasial dan anda bisa melatihnya dengan sering menggambarkan apa yang anda lihat, lebih banyak membaca dan menafsirkan maksud dari bacaan itu sendiri.

Baca Juga : Kecerdasan Emosional

Orang yang memiliki kecerdasan visual spasial yang tinggi biasanya goresan-goresan tangannya akan lebih mengagumkan dari desainer atau arsitek itu sendiri.

Seseorang yang memiliki kecerdasan ini juga bisa menjadi seorang desainer atau arsitek yang sangat handal dan dapat memuaskan hati para konsumennya.

Karena orang dengan sistem kecerdasan ini memiliki tingkat imajinasi yang sangat tinggi ia akan lebih mudah menafsirkan suatu informasi dengan imajinasinya sendiri.

Karakteristik Kecerdasan Visual Spasial

Karakteristik yang dimiliki orang yang memiliki kecerdasan visual spasial adalah sebagai berikut :

  1. Sangat mudah menilai hanya dengan melihat pola dari suatu benda atau peristiwa.
  2. Senang memperhatikan hal-hal yang berbentuk visual misalnya gambar atau lukisan.
  3. Senang menggambar atau menuliskan apa yang ada didalam imajinasinya.
  4. Senang membaca dan menulis. Karena dengan membaca seseorang yang dengan sistem kecerdasan ini akan menafsirkan suatu bacaan yang ia baca.
  5. Dapat dengan mudah membedakan bentuk-bentuk yang hampir sama, misalnya membedakan bentuk balok dan kubus. Dan lain sebagainya.
  6. Kecerdasan Visual

Apa si perbedaan antara kecerdasan visual spasial dengan kecerdasan visual saja ? bukankah itu sama? Tidak ini berbeda, mari simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga : Kecerdasan Intelektual

Kecerdasan visual merupakan kemampuan seseorang untuk mengenali atau memahami lingkungan dengan tepat dan cepat hanya dengan melihat lingkungannya.

Maksudnya orang yang memiliki kecerdasan ini akan dengan cepat menyerap hanya dengan melihat dan mendengarnya. Mereka bisa langsung paham dengan apa yang sedang terjadi atau yang sedang dijelaskan.

Melatih Kecerdasan Visual

Ada cara untuk melatih seseorang jika memiliki sistem kecerdasan visual ini, antara lain dengan menggambarkan imajinasinya, dan mepraktekkan apa yang di imajinasikan.

Misalnya dengan mengubah suasana rumah dengan apa yang ada di imajinasinya. Hal tersebut tidak semua orang bisa melakukannya karena ada orang yang sangat kesulitan untuk menggunakan imajinasinya untuk diwujudkan.

Namun berbeda dengan seseorang yang memiliki kecerdasan visual akan lebih mudah untuk menata kembali rumahnya dengan suasana yang berbeda. Hal ini bisa untuk melatih sistem kecerdasan ini jika dilakukan secara rutin. Bisa juga dengan menggambarkan atau menuliskan apa yang ada dipikiran atau di imajinasi.

Baca Juga : Mengenali Kecerdasan Kita

Untuk mengenali sistem kecerdasan apa yang anda punya, anda harus lebih sering melatih apa yang anda sukai dan mendalami materi-materi tentang sistem kecerdasan pada manusia.

Jika anda sudah menemukan sistem kecerdasan yang cocok dengan anda, anda bisa terus berlatih dan berusaha mengembangkan apa yang sudah anda kuasai.

Seseorang yang memiliki kecerdasan visual biasanya bisa cepat menghafal sesuatu hal dengan cepat dan benar. Itu tandanya ia memiliki ingatan yang kuat terhadap sesuatu hal yang ia lihat atau alami.

Contoh Kecerdasan Visual Spasial

Contoh orang yang memiliki sistem kecerdasan ini biasanya akan menjadi seorang arsitek, pelukis, fotografer, pilot, artis dan insinyur mesin.

Mereka menyukai hal-hal yang melibatkan gambar dan memiliki imajinasi yang sangat tinggi. mereka juga berani dalam mengambil suatu keputusan yang terkadang membahayakan dirinya sendiri dikarenakan untuk memenuhi rasa penasarannya yang sangat tinggi.

Misalnya ada suatu kasus yang sangat berbahaya dan rumit bagi orang yang tidak memiliki kecerdasan visual-spasial dan membutuhkan waktu lama bagi mereka untuk memecahkannya.

Tetapi berbeda dengan seseorang yang memiliki sistem kecerdasan visual spasial yang akan dengan mudah mengerti suatu masalah dan memecahkannya dengan waktu singkat.

Karena mereka peneliti yang sangat teliti dan terkadang imajinasinya bisa menalar dan bisa dibenarkan karena memiliki bukti yang kuat.

Baca Juga : Kecerdasan Majemuk

Orang dengan sistem kecerdasan ini memiliki kemampuan mampu mengenal warna dengan baik, mengenal warna memang kelihatannya sangat mudah namun membedakan warna inti dengan warna gabungan itu tidaklah mudah. Terkadang orang biasa bisa salah dalam membedakannya.

Namun berbeda dengan orang yang memliki sistem kecerdasan ini, ia bisa dengan mudah membedakan warna inti dengan warna gabungan.

Selain itu orang dengan sistem kecerdasan ini juga memiliki kepekaan yang tinggi terhadap garis tinggi dan garis membentang. Mereka dapat melakukan hal itu karena penglihatan dan logika untuk menalar sebuah bentuk dan ruang sangatlah tinggi.

Mereka sangatlah peka dengan sesuatu hal yang tidak mungkin dibayangkan hanya dengan kepala saja.

Jika anda memiliki sistem kecerdasan ini cobalah meminta bantuin kepada pena dan sebuah kertas untuk melatih kecerdasaan ini dan mengembangkannya.

Karena dengan mengembangkannya anda bisa menentukan akan menjadi apa di masa yang akan datang dan telah siap dengan apa yang anda pilih karena telah memiliki keahlian dalam bidang yang anda pilih.

Anda juga bisa membaca buku-buku fiksi ataupun nonfiksi untuk lebih melatih kecerdasan yang anda punya. Dengan seringnya membaca maka anda bisa lebih cepat dalam mengambil kesimpulan.

Ciri-Ciri Kecerdasan Visual Spasial

Seseorang dengan sistem kecerdasan ini selain menyukai gambar dan membaca ia juga menyukai seni. Seni identik dengan kebebasan berekspresi, maka dari itu ia menyukai seni, karena bebas untuk menggambarkan apa yang ada di dalam imajinasinya.

Ia juga menyukai film, karena hanya dengan melihat maka ia bisa menyimpulkan maksud dari film tersebut. Orang dengan sistem kecerdasan ini juga lebih menyukai membaca gambar atau peta daripada dengan membaca teks.

Jadi orang dengan sistem kecerdasan visual spasial bisa saja menyukai sebuah komik, karena di dalam komik itu sendiri mengandung unsur gambar dan juga teks. Komik juga bisa menambah imajinasi pada seseorang yang memiliki sistem kecerdasan visual spasial ini.

Penutup

Nah setelah anda membaca semuanya, semoga bermanfaat dan bisa di praktekkan jika anda memiliki sistem kecerdasan ini. Terima kasih telah membaca.

 

1 tanggapan pada “Kecerdasan Visual Spasial”

  1. Pingback: Macam-Macam Kecerdasan Menurut Ilmu Psikolog - Yuks Belajar

Tinggalkan Balasan