Kecerdasan

Gambar Kecerdasan

Pengertian kecerdasan

Apa itu kecerdasan?  Kita sering mendengar orang mengatakannya atau bahkan kita sendiri sering mengatakannya, namun belum tentu paham artinya.

Setelah membaca banyak literatur penulis kemudian menyimpulkan bahwa kecerdasan adalah kemampuan untuk mengolah informasi yang masuk.  Diolah oleh otaknya dan dianalisa untuk kemudian diambil kesimpulannya.

Kecerdasan otak

Itu sebabnya kepandaian berkaitan langsung dengan kecerdasan otak.

Apakah itu?

Kecerdasan otak bisa dikatakan sebagai kemampuan otak seseorang dalam  membaca, mengolah, dan menganalisa informasi-informasi yang masuk ke dalam dirinya.  Termasuk juga bagaimana respon tubuhnya terhadap hasil olahan otak yang dimilikinya.

Kecerdasan manusia

Lantas apa bedanya dengan kecerdasan manusia?

Tentu saja bisa juga diartikan sebagai kemampuan manusia untuk memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapinya sehari-hari dengan menggunakan akal dan kemampuan otaknya.

Macam-macam kecerdasan

Apa saja macam-macam kecerdasan manusia itu?

Jenis dan macamnya diartikan oleh masing – masing ahli pikologi berbeda-beda.  Ada yang menganut konsep kecerdasan majemuk, ada yang menganut konsep kecerdasan tunggal dan lain sebagainya.

Tokoh yang mengemukan konsep kecerdasan majemuk salah satunya adalah Howard Gardner.  Dengan konsep multiple intelligentnya dia menyebutkan bahwa manusia memiliki 8 jenis kecerdasan yang berbeda-beda.

Berbeda konsep dengan dengan Howard Gardner, Carl Gustav Jung justru menganut paham konsep kecerdasan tunggal.

Dimana seseorang meskipun memiliki banyak kemampuan namun sesungguhnya memiliki satu kecerdasan utama yang menjadi kekuatan utamanya serta memimpin kemampuan lainnya.

Konsep Gustav Jung ini kemudian di Indonesia diterjemahkan oleh Pak Farid Poniman dalam bentuk konsep  STIFIn.

Konsep  STIFIn ini terdiri atas 5 mesin kecerdasan dan 9 kepribadian bawaan.

5 Mesin Kecerdasan itu adalah

Merupakan mesin kecerdasan yang terletak di belahan otak limbik kiri.  Karena letaknya di limbik kiri itulah maka yang mengawal atau memimpinnya adalah panca inderanya.

Artinya adalah setiap informasi yang masuk akan diolah terlebih dahulu melalui si panca indera.  Penilaiannya juga akan berfokus pada keterlibatan panca indera di dalam prosesnya.

  • Thinking

merupakan mesin kecerdasan (MK) yang terletak di belahan otak neokortek kiri. Karena letaknya yang di neokortek kiri maka kemampuan analisa dan pengolahan data akan menjadi kuat atau dominan.  Dengan MK ini maka rasionalitas akan menjadi hal yang paling utama.

Merupakan MK yang terletak di belahan neokortek kanan. Neokortek kanan merupakan pusat imajinasi dan ide, sehingga orang dengan MK intuiting akan memiliki kreatifitas yang lebih kuat di bandingkan dengan yang lainnya

Adalah MK yang terletak di belahan limbik kanan. Karena limbik kanan adalah pusat emosi, maka orang dengan MK feeling akan di pimpin oleh emosinya dalam mengolah data dan melakukan aktifitas.

  • Insting

Merupakan MK yang letaknya di midbrain atau otak tengah. Dengan posisinya yang di tengah menjadikan orang dengan MK Insting memiliki kemampuan yang serba bisa serta spontanitas tinggi.

MK itulah yang kemudian akan menjadikan leader bagi kecerdasan-kecerdasan lainnya yang dimiliki.

Vitamin untuk kecerdasan otak anak

Apakah kecerdasan yang telah kita miliki ini bisa ditingkatkan kemampuannya?

Tentu saja bisa.

Apalagi untuk anak-anak yang perkembangan otaknya masih dalam fase pertumbuhan, maka perlu untuk mendapatkan dukungan dan asupan yang cukup.

Beberapa kemudian menggunakan vitamin untuk kecerdasan otak anak.

Apa saja kebutuhan gizi otak?

Yang paling penting adalah otak memerlukan asam omega 3 serta protein agar pertumbuhannya bagus.

Makanan-makanan yang banyak mengandung protein seperti telur, ikan, sayur dan buah akan menjadi menu penting bagi pertumbuhan otak.

Vitamin tambahan yang bisa diberikan adalah makanan dengan kandungan vitamin E tinggi, juga bagus untuk pertumbuhan otak.

Bentuk vitamin ini bisa juga berupa makanan-makanan penambah kepintaran.  Ada banyak yang beredar di pasaran.  Salah satunya adalah minyak hati ikan hiu Minasqua.

Suplemen ini sangat baik untuk anak-anak karena juga mengandung asam omega 3 yang memiliki fungsi sangat baik untuk pertumbuhan otak anak.

Cara meningkatkan kepintaran otak

Otak bisa ditingkatkan kepintarannya dengan 2 cara.  Dilatih secara teratur dan diberi makanan asupan yang mendukung.

Kedua hal ini penting dipenuhi agar bisa mendapatkan pertumbuhan otak yang optimal.

Memberi asupan makanan yang mendukung

Cara ini dilakukan dengan memberikan makanan yang memang dibutuhkan oleh otak.  Diantaranya adalah protein dan asam omega.

Protein bisa didapatkan dari sayuran & buah (proteni nabati) bisa juga dengan telur, ikan, daging, dll (protein hewani).

Pemberian makanan yang seimbang akan membantu otak tumbuh dengan baik dan sehat.  Itu sebabnya jenis-jenis makanan itu juga perlu dimasukkan ke dalam menu harian.

Apabila jumlahnya masih belum mencukupi, maka bisa menggunakan juga suplemen-suplemen makanan otak lainnya seperti misalnya dalam bentuk suplemen minyak ikan hiu Minasqua.

Melatih otak dengan latihan teratur

Otak yang cerdas adalah otak yang memiliki syaraf yang tersambung satu dengan yang lainnya.  Syaraf-syaraf yang terhubung itu adalah tempat saluran komunikasi antar bagian otak.

Semakin banyak sususan syaraf yang saling terhubung itu, maka akan semakin mudah bagi otak dalam melakukan analisa serta mengambil kesimpulan.

Itu sebabnya banyak yang mengatakan bahwa otak yang cerdas adalah otak yang susunan syarafnya terhubung dengan lebih banyak.

Cara untuk membangun hubungan antar syaraf adalah dengan cara melatih sebuah ketrampilan atau sering membaca sebuah pengetahuan berulang-ulang.

Fase pengulangan itulah yang menjadi jalan bagi sel-sel syaraf untuk saling terhubung dan menyambung satu dengan yang lainnya.

Maka tidak akan heran apabila latihan teratur dan berulang dapat meningkatkan keahlian seseorang dalam satu bidang.

Disinilah perannya program pengembangan diri dilakukan, supaya proses melatih kepandaian dan keahlian bisa dilakukan secara teratur, disiplin serta terarah.

Tingkat kecerdasan

Tingkat kepandaian seseorang tidak bisa diukur hanya dari satu hal saja.  Ada begitu banyak parameter yang bisa menjadi alat ukurnya.  Namun cara untuk mengukur yang paling simple dan sederhana adalah bagaimana seseorang itu menggunakan otaknya untuk memecahkan persoalan-persoalan hidupnya.

Baik itu persoalan yang muncul di sekolah, tempat kerja, keluarga atau di lingkungan pergaulan sosialnya.

Selain itu, parameter paling adil yang bisa dilakukan untuk mengukur adalah dengan cara melihat bagaimana kemampuan sebelum melakukan latihan dengan saat ini setelah melakukan latihan beberapa saat.

Jadi yang dibandingkan adalah keadaan kita sebelum dan sesudah latihan.

Ini akan lebih memberdayakan dan adil dalam mengukur tingkat kepandaian kita.  Berbeda jika kita menggunakan cara dengan membandingkannya dengan orang lain, maka hasilnya akan tidak adil.

Kenapa membandingkan diri dengan orang lain tidak adil?

Karena tentu ada banyak faktor pembeda antara kita dengan orang lain itu.  Misalnya makanan apa saja yang dikonsumsinya setiap hari.  Bagaimana lingkungannya mendidik dan membentuk dirinya.  Bagaimana keluarga memberikan pendidikan, dan lain sebagainya, akan menjadi faktor-faktor pembeda yang tentu saja akan menghasilkan perbandingan yang tidak adil apabila kita gunakan dan jadikan patokan.