Menu Tutup

Mengenali Kecerdasan Kita

kecerdasan

Mengenali Kecerdasan Kita – Kecerdasan bisa dikatakan merupakan anugrah yang diberikan Sang Maha Kuasa untuk manusia sebagai makhluk ciptaannya yang paling sempurna.

Dengan kecerdasan yang dimilikinya itu, manusia mampu menyelesaikan setiap tantangan yang dihadapinya.  Sekaligus melakukan peningkatan-peningkatan terhadap taraf kehidupannya.

Yups, kalau menurut penulis, kecerdasan bukanlah sekedar angka-angka di raport dan ijazah.  Karena angka-angka itu barulah memberikan salah satu indikator kecerdasan saja, diantara banyak kecerdasan yang dimiliki manusia.

Menurut Robert T. Kiyosaki, seorang guru bisnis internasional, kecerdasan itu meliputi 4 aspek, yaitu :

  1. Kecerdasan intelektual
  2. Kecerdasan spiritual
  3. Kecerdasan emosional
  4. Kecerdasan fisik

Baca Juga : Pelajaran Dari Membangun Bisnis = Membangun 4 Aspek Diri Kita

Apa sajakah penjelasan dari masing-masing kecerdasan tersebut?  Mari kita lanjutkan tulisan ini.

  1. Kecerdasan intelektual

Merupakan kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan akademik.  Yaitu kemampuan untuk menghapal, menalar, berhitung, dan lain sebagainya.

Kecerdasan ini didapat dari kemampuan mengolah data menggunakan otak analisis (neokortek) yang kemudian digunakan untuk memahami pelajaran dan menjawab soal-soal dan ujian sekolah.

Makanya sering dikenal dengan kemampuan seseorang untuk memahami sebuah teori dan menyampaikannya lagi.

Nah, anak-anak yang nilai raport dan ijazahnya bagus biasanya memiliki kemampuan kecerdasan intelektual yang bagus.

Namun, perlu diingat bahwa itu barulah 25% dari aspek kecerdasan menurut Robert T. Kiyosaki ini.

  1. Kecerdasan spiritual

Apa itu kecerdasan spiritual?  Kecerdasan spiritual ini bisa juga diartikan dengan seberapa dekat hubungannya dengan Tuhan Sang Pencipta.  Jadi memang erat hubungannya dengan nilai-nilai religius atau nilai-nilai agama.

Karena dekat dengan nilai-nilai religius maka unsur keyakinan menjad faktor pengaruh yang tinggi.  artinya semakin tinggi nilai kecerdasan seseorang, maka dia biasanya memiliki keyakinan yang semakin kuat terhadap Sang Pencipta.

Apa pengatuhnya bagi kehidupan yang dijalaninya?

Dengan keyakinan yang kuat, maka seseorang akan memiliki kemampuan untuk menghadapi persoalannya hidupnya dengan lebih tenang.

Kecerdasan spiritual ini erat juga kaitannya dengan kecerdasan emosional.

Kenapa?

Karena seseorang yang memiliki keyakinan yang tepat, maka sisi emosionalnya juga akan semakin stabil dan seimbang.

  1. Kecerdasan emosional

Tahukah anda apa makna kecerdasan emosional?

Kecerdasan emosional bisa diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengetahui, memahami dan mengelola setiap emosi yang dirasakannya.

Sebagai makhluk hidup yang memiliki rasa, maka faktor emosional ini sangat penting peranannya dalam kehidupan.

Ada banyak keputusan-keputusan yang ternyata diambil bukan berdasarkan logika, namun dilakukan karena dorongan faktor emosi.

Emosi yang ada dirasakan oleh manusia ini ada yang bersifat positif, namun ada juga yang bersifat negatif.

Misalnya : ketika sedang mengendarai sepeda motor di jalan raya, bertemu dengan pengendara kendaraan yang ugal-ugalan.  Dan sepeda motor kita hampir jatuh karena terserempet pengendara tersebut.

Baca Juga : Tes Kepribadian

Karena kita manusia, biasanya akan muncul reaksi emosi di saat bersamaan.  Emosi yang muncul bisa marah, kesal, benci atau yang lainnya.

Nah, kecerdasan emosi adalah kemampuan untuk bertindak dan bersikap ketika sebuah emosi muncul.

Secara otomatis, otak akan mengenali kemudian secara langsung akan memberikan reaksi.  Reaksi ini lah yang nantinya akan menentukan tingkat kecerdasan emosional seseorang.

Jika dia gagal mengenali emosinya dan melakukan tindakan yang merugikan, maka bisa saja yang terjadi kemudian adalah situasi yang semakin buruk, seperti perkelahian atau bisa jadi kecelakaan yang lebih besar lagi.

Kecerdasan emosional ini terutama penting dibutuhkan pada situasi-situasi yang tidak menguntungkan.  Dan seringkali jika situasi itu bisa dikendalikan dengan baik, hasilnya justru bisa memberikan lompatan kehidupan yang tidak terduga.

  1. Kecerdasan fisik

Makna dari kecerdasan fisik adalah kesehatan, stamina, kemampuan motorik dan ketrampilan fisik yang dimiliki seseorang ketika melakukan sebuah aktifitas.

Jadi rujukannya kecerdasan fisik ini adalah ketrampilan teknis dan jasmani.

Contohnya adalah adanya stamina untuk menyelesaikan pekerjaan dan tanggungjawab.  Jika atlit lari maka kemampuan untuk berlari lebih cepat dari lawannya.

Atau jika seorang pelajar kemampuan untuk datang dan mengikuti pelajaran dan hadir secara fisik.

Diantara 4 macam kecerdasan tersebut, jika kita ingin bisa berkembang maka perlu untuk dijaga.  Dan tidak jika diabaikan salah satunya.

Kenapa demikian?  Karena untuk sukses, kita memerlukan keempat kecerdasan tersebut.  Artinya, manusia yang seimbang adalah manusia yang keempat kecerdasannya itu terjaga dengan baik.

Bagaimana cara mengembangkan 4 macam kecerdasan yang kita miliki?

Menurut pengalaman penulis, hal yang paling penting agar keempat aspek kecerdasan kita itu berkembang, maka kita perlu menyeimbangkan belajar teori dengan praktek.

Teori akan membantu kita dalam mengasah aspek intelektual.  Namun praktek akan memberikan pengalaman fisik (karena memcoba), pengalaman spiritual  dan emosional (ketika muncul persoalan dan masalah yang harus di selesaikan).

Kegagalan juga termasuk hal yang dapat mengasah kecerdasan fisik, spiritual dan emosional kita.  Bagaimana kita bisa menenangkan diri (aspek emosional), kemudian yakin akan berhasil (spiritual) dan melakukannya lagi (aspek fisik).

Semakin sebuah aktifitas sering dilakukan dan diulang-ulang maka kecerdasan fisik kita dalam hal tersebut akan makin baik.

Kecerdasan emosional kita juga akan meningkat karena kita merasa mulai dapat mengendalikan situasi dan keyakinan akan semakin dekatnya kita dengan tujuan juga memperkuat kecerdasan spiritual kita.

Baca Juga : Pengembangan Diri

Bagaimana cara mengetahui nilai kecerdasan kita?

Kita sering mendengar istilah tes kecerdasan.  Nah tes kecerdasan tersebut bisa juga menjadi salah satu cara kita untuk menemukan berapa nilai kecerdasan kita.

Namun ada yang perlu diingat ketika kita melakukan sebuah tes kecerdasan, bahwa manfaat dari tes kecerdasan itu bukan hanya ketika hasil tesnya keluar.

Namun justru setelah hasil tes keluar, bagaimana kita menggunakannnya untuk memberdayakan diri kita.  Untuk terus membuat diri kita lebih baik.

Dan untuk membuat kita berkembang sehingga nantinya bisa memberikan manfaat ke semakin banyak orang.

Posted in Kecerdasan