Mesin Kecerdasan Sensing

Sensing STIFIn

Tahukah Anda, Apakah Itu Mesin Kecerdasan Sensing di STIFIn?Konsep STIFIn menyebutkan bahwa mesin kecerdasan itu ada 5, yaitu Sensing (S), Thinking (T), Intuiting (I), Feeling (F), dan Insting (In).  Nah STIFIn adalah singkatan dari kelima nama mesin kecerdasan itu.

Jika di lihat dari urutannya maka Mesin Kecerdasan Sensing adalah yang pertama.  Pertama bukan berarti yang paling baik, tidak.  Kelima mesin kecerdasan itu posisinya setara.

Baca Juga : Bagaimana Otak Intuiting STIFIn Bekerja?

Nah, setiap kita ini memiliki satu mesin kecerdasan yang menjadi leader atau lokmotif dari kecerdasan kita.

Apa Itu Mesin Kecerdasan Sensing STIFIn?

Untuk tulisan kali ini kita  akan diskusi tentang mesin kecerdasan Sensing.

Kata SENSING itu berasal dari kata SENSE yang artinya adalah PANCA INDERA.  Artinya, orang dengan mesin kecerdasan SENSING kekuatan utamanya ada pada panca inderanya.

Letak mesin kecerdasan sensing ada di otak limbik kiri.

Karena mesin kecerdasan sensing ini kekuatannya adalah panca indera maka orang yang memiliki mesin kecerdasan sensing perlu untuk mengolah dan melatih panca inderanya agar kecerdasannya berkembang dengan baik.

Cara Melatih Mesin Kecerdasan Sensing

Jika anda memiliki mesin kecerdasan Sensing maka anda perlu banyak ACTION dan PRACTICE.  Tanpa latihan dan praktek yang cukup maka kecerdasan anda akan stagnan.

Tinggi dan rendahnya nilai kecerdasan sensing ini yang di tingkat latihannya itu.  makanya biasanya semakin banyak banyak berlatih dia akan semakin tinggi nilainya.

Dalam bidang apapun orang dengan mesin kecerdasan sensing perlu terus latihan dan praktek.

Parenting Untuk Anak Sensing

Jika mesin kecerdasan ananda adalah sensing maka orang tua perlu memfasilitasi anak dengan kegiatan-kegiatan yang banyak memerlukan latihan fisik dan bergerak secara aktif.  Kegiatan olah fisik seperti olahraga, pelatihan-pelatihan ketrampilan atau apapun yang banyak melibatkan aktifitas fisik akan sangat baik untuk perkembangan kecerdasannya.

Yang menarik adalah, semakin banyak bergerak secara fisik maka orang dengan mesin kecerdasan sensing akan semakin cerdas dan pintar.

Beberapa teman yang memiliki mesin kecerdasan ini, semakin dia sibuk di kampus dan kegiatan ekskul, dia nilai kuliahnya semakin tinggi.  Kenapa? Karena ketika orang sensing berkeringat maka otaknya akan semakin encer.

Pada anak kecil sensing juga demikian.  Beberapa teman mengeluhkan anaknya yang menurut dia “hiperaktif” karena tidak bisa diam.  Ternyata setelah di lakukan tes STIFIn, hasil tes ananda adalah Sensing.

Ketika memahami hal ini, maka tidaklah mengherankan tingkah laku di si kecil ini.  Justru itu adalah anak sensing yang cerdas dan normal.

Yang diperlukan oleh ananda adalah ruang gerak yang luas dan terbuka.

Apabila itu tidak ditemukan dirumah karena ukuran rumah yang kecil, maka little sensing perlu sering-sering diajak ke lapangan dan berlari atau bermain-main yang membuat dirinya berkeringat.

Yang sering terjadi, pada saat orang tua tidak memahami hal ini. Adalah mengurung anak sensing di rumah.  Karena dia memiliki kebutuhan untuk bergerak maka secara naluri dia akan “banyak tingkah” dan tidak bisa diam.  Mulai naik ke perabot, lari-larian bahkan jika memiliki saudara kecil dia akan iseng mengganggu adiknya.

Tidak terfasilitasinya kebutuhan anak dengan mesin kecerdasan untuk bergerak dan aktif ini sering menjadikan kita melabelinya dengan anak nakal, banyak tingkah atau yang lainnya.

Pada saat ini terjadi, sebetulnya kita sedang membatasi perkembangan anak kita sendiri.  Dan jangan salahkan si anak jika kemudian kecerdasan si kecil justru tidak berkembang.

Kemampuan Meniru Pada Anak Dengan Mesin Kecerdasan Sensing

Anak yang memiliki mesin kecerdasan sensing memiliki kemampuan meniru dengan baik.  Pengetahuan tentang hal ini akan menjadi sarana yang baik untuk mengoptimalkan kemampuan little sensing.  Jika menginginkan anak ahli di satu bidang tertentu maka dekatkan dia dengan orang terbaik di bidang itu, maka kemampuan menirunya akan dapat berjalan dengan baik.  Artinya adalah dia akan dapat menyerap kemampuan dari sang ahli dengan sangat baik.

Cari guru terbaik, dekatkan dengan teman-teman terbaik di bidang itu, maka dia akan muncul sebagai siswa terbaik.

Hal ini juga perlu menjadi perhatian yang penting dalam parenting.  Memiliki anak dengan mesin kecerdasan sensing juga perlu sangat menseleksi apa yang dia lihat, saksikan dan tonton.  Karena ini akan betul-betul ditiru oleh si anak.

Terdapat kejadian disalah satu tempat ada anak TK yang suka menjilat apapun yang dia temui termasuk alas kaki (sandal dan sepatu).  Melihat hal tersebut, setelah di tes STIFIn ternyata diketahui dia memiliki mesin kecerdasan sensing.

Begitu diketahui mesin kecerdasan yang dia miliki, langkah selanjutnya adalah melakukan wawancara dengan orang-orang terdekatnya.  Ternyata hasil wawancara itu diketahui bahwa anak ini sangat menyukai kartun shaun the sheep.  Nah kartun itulah yang dia jadikan model di tingkah laku tersebut.

Kemudian dilakukanlah edukasi ke orang tua dan yang mengasuhnya di siang hari untuk menyetop tontonan itu dan mengganti dengan tontonan lain yang lebih sesuai.  Alhamdulilah perlahan-lahan dia mulai menghentikan kebiasannya itu.

Jadi melihat bagaimana perkembangan ananda dengan mesin kecerdasan sensing bisa dilihat dengan lingkungan dan siapa yang paling dekat dengan dia.

Menjadi orang tua bagi ananda sensing juga artinya perlu sangat memperhatikan tingkah laku, tindakan dan ucapan.  Karena si anak akan men copy paste betul tingkah laku orang tua tersebut.  sehingga orang tua harus menjadi role model yang baik dan menjadi contoh yang bisa diteladani.

Aplikasi Pada Orang Dewasa

Pengetahuan tentang mesin kecerdasan ini juga bisa bermanfaat dalam kehidupan lainnya.  Bagaimana relasi dengan pasangan kita yang bermesin kecerdasan sensing.  Atau bagaimana kita mengembangkan kecerdasan kita jika mesin kecerdasan kita adalah sensing adalah hal yang bisa kita gali lebih dalam.

Hal yang sama kurang lebih bisa di terapkan untuk meningkatkan kemampuan kita jika kita memiliki mesin kecerdasan sensing.

Fokus pada latihan dan praktek untuk meningkatkan keahlian kita di bidang yang kita pilih akan menjadikan kita orang dengan mesin kecerdasan sensing yang cerdas.

Baca Juga : Belajar Menulis Artikel Gaya Feeling STIFIn

Jika anda di bidang penjualan, maka cari mentor penjualan terbaik dan bergabunglah dengan kelompok yang penjualannya terbaik.  Praktek sebanyak-banyaknya ilmu-ilmu penjualan yang telah di ajarkan. Dan jadilan penjual terbaik.  Orang dengan mesin kecerdasan sensing memiliki peluang paling besar untuk meraih posisi ini.

Sama juga untuk bidang-bidang lainnya…praktek dan action adalah kata kuncinya.

Selamat mencoba.

 

4 tanggapan pada “Mesin Kecerdasan Sensing”

  1. Pingback: Belajar Menulis Artikel Gaya Feeling STIFIn - Yuks Belajar

  2. Pingback: Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Membuat Kita Enjoy Menjalaninya - Yuks Belajar

  3. Pingback: Tes Kepribadian - Yuks Belajar

  4. Pingback: Tipe Kepribadian Anak Menurut STIFIn - Yuks Belajar

Tinggalkan Balasan