Ini termasuk kata-kata yang sering didengar dan mudah diucapkan.  Tapi tidak mudah dijalankan untuk yang belum punya.

Percaya diri kalau dalam bahasa inggris sering disebut self confident yang artinya percaya dengan diri sendiri.  Dan mempercayai diri sendiri bisa juga di sebutkan dengan believe in your self.

Tidak menjadi masalah bagi yang sudah memiliki namun masalah besar bagi yang belum memilikinya.

Percaya kepada diri sendiri ini menjadi sesuatu yang penting karena seringkali kesuksesan berawal dari hal ini.

Baca Juga : Saatnya Jadi Diri Sendiri

Tidak ada sukses yang tidak disertai dengan percaya diri.  Kenapa begitu?

Karena untuk bisa melewati tantangan dan halangan menuju sukses, yang dibutuhkan adalah kerjasama dengan diri sendiri yang terutama, yang itu baru bisa dilakukan jika kita mempercayai diri kita.

Percaya diri akan erat hubungannya dengan menjadi teman bagi diri sendiri.  Untuk bisa percaya pada diri sendiri, terlebih dahulu kita perlu menjadi teman bagi diri sendiri.

Kenapa tidak semua dari kita bisa berteman dengan diri sendiri?

Yang menyebabkan kita tidak bisa berteman dengan diri sendiri sebagian besar karena kita terlalu sibuk mendengarkan penilaian orang lain dan sibuk membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain.

Percaya kepada diri sendiri, juga artinya mengerti dengan lebih baik apa saja kekurangan dan kelemahan kita.  Serta bagaimana kita mengelola kelemahan dan kelebihan itu untuk tujuan sesuatu yang ingin kita raih.

Berteman dengan diri sendiri menjadi awal bagi percaya kepada diri sendiri.

Dengan kedekatan pada diri sendiri, maka kepercayaan pada kita sendiri akan muncul.

Langkah awalnya adalah dengan mendengarkan diri kita, selanjutnya adalah dengan mengajak diri kita berdialog.

Dengan mendengarkan kita akan mendapatkan informasi-informasi tentang apa yang menjadi masalah kita sesungguhnya, apa yang diinginan oleh diri kita, dan apa yang dibutuhkan oleh diri kita.

Baca Juga : Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Membuat Kita Enjoy Menjalaninya

Setelah kebutuhan itu teridentifikasi maka langkah berikutnya adalah mengajak diskusi diri kita untuk bersama-sama menemukan jawaban-jawaban dari persoalan yang muncul itu.

Karena jawaban yang ditemukan berasal dari dialog di dalam diri, maka akan lebih mudah bagi kita untuk bekerjasama dengan diri kita.

Mudahnya proses kerjasama tentu bisa memberikan hasil kolaborasi yang optimal.  Dan hasil baik itulah yang kemudian membuat kepercayaan kita pada diri sendiri semakin meningkat.

Setelah Percaya Diri Lalu Apa?

Faktor berikutnya setelah kita mengembangkan hubungan baik dengan diri sendiri, adalah mulai penting meningkatkan kemampuan kita dengan terus mengasah kelebihan yang kita miliki.  Berfokus pada kelebihan akan membuat kita semakin percaya diri.  Karena didalamnya terdapat peluang luar biasa untuk tumbuh dan berkembang.

Baca Juga : Pengembangan Diri

Dengan menjadikan diri sendiri sebagai teman dan partner terpercaya, maka meningkatkan kemampuan atau ketrampilan diri akan lebih mudah dilakukan.  Karena tidak akan lagi ditemukan proses sabotase yang seringkali menghalangi percepatan kemampuan belajar kita.

Kombinasi kompak antara kerjasama dengan diri sendiri dan ketrampilan/kemampuan yang semakin bertambah akan bisa semakin meningkatkan kepercayaan diri kita.

Jika ini dikaitkan dengan percaya diri dalam Islam, maka kita tentu akan paham.  Ketika kita memiliki agama yang sempurna, kitab suci yang sempurna dan Pencipta Yang Sempurna, maka kita tentu saja akan semakin percaya diri menghadapi tantangan-tantangan yang ada di depan mata.

Rintangan-rintangan yang muncul di hadapan kita, bukanlah tandingan dari segala Maha Sempurnanya Sang Pencipta.

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Tentang STIFIn Test

Percaya Diri Itu Penting

  • Penting untuk menyelesaikan masalah
  • Penting untuk terus maju dan berkembang
  • Penting untuk terus memberikan manfaat bagi sekitar kita