Tips Bisnis Bertahan di Era Pandemi Covid-19 – Menjalankan bisnis di era pandemi sungguh bukan sebuah pekerjaan mudah.  Disaat perlu banyak melakukan penjualan, disaat yang sama juga harus mengurangi mobilitas dan interaksi tatap muka secara langsung dengan calon konsumen.

Dilema Bisnis Dikala Pandemi Covid-19

Bukan hanya interaksi dengan konsumen yang berkurang, menemukan konsumen yang di rumah saja juga membutuhkan trik yang khusus.

Agar produk kita dapat tetap ditemukan oleh konsumen.  Agar konsumen dapat tetap mengingat kita.  Dan agar kita tetap dapat terhubung dengan konsumen.

Belum lagi ketika disaat bersamaan, daya beli masyarakat juga terus menurun karena semakin banyaknya perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja akibat tidak dapat bertahan di saat seperti sekarang ini.

Diperlukan sebuah kejelian menghadapi situasi pelik seperti sekarang ini.

Disaat kebutuhan menjaga kesehatan juga perlu ditingkatkan agar imunitas tubuh tetap terjaga, di saat itu pula mesti sangat teliti mengatur pengeluaran harian.

Tips Bisnis Bertahan di Era Pandemi Covid-19

Situasi kita alami juga dialami oleh banyak teman di luar sana.  Disinilah sebenarnya clue dari cara bertahan di era pandemi seperti sekarang ini.

Situasi yang kita alami juga dialami oleh orang lain, sehingga disinilah letak peluang bisnisnya.  Disinilah letak kunci dari cara bertahan di era pandemi seperti sekarang ini.

Apa saja tipsnya?

  1. Miliki kepekaan terhadap masalah orang lain, dan sediakan bisnis yang membantu mereka menyelesaikan masalah tersebut. Kita dapat menemukan begitu banyak masalah yang saat ini tengah di hadapi oleh jutaan orang diluar sana.  Seperti masalah kesehatan, imunitas tubuh, peluang usaha, dll.
  2. Sediakan solusi atas masalah jutaan orang dalam bentuk model dan skema bisnis.  Contoh, untuk masalah imunitas tubuh, maka sediakan produk-produk yang dapat meningkatkan imunitas tubuh masyarakat.  Sehingga mereka tidak perlu takut dalam beraktifitas di situasi pandemi seperti sekarang ini.
  3. Buat solusi tersebut menjadi layanan ke masyarakat dengan mempromosikan layanan tersebut ke semakin banyak orang.  Dan situasi seperti sekarang ini akan sangat tepat apabila menggunakan jalur-jalur pemasaran online sehingga dapat menjangkau semakin banyak orang.
  4. Atau jika memang bisnis yang sudah ada memungkinkan dibuat modifikasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat juga bisa dilakukan.  Misalnya, biasanya menjual yogurt hanya menggunakan sudut pandang segar dan enak.  Situasi seperti sekarang ini akan sangat membantu apabila sudut pandang promosinya adalah minuman kesehatan.  Tentu akan lebih mengena dengan kebutuhan masyarakat.

Membaca Kebutuhan Masyarakat

Membaca kebutuhan masyarakat bisa dilihat dengan melihat masalah yang dimiliki oleh diri sendiri.  Masalah yang dimiliki oleh diri sendiri inilah yang kemudian coba di analisa, apakah banyak yang juga mengalami.  Apabila iya, maka fokus ke memecahkan masalah masyarakat ini akan menjadi solusi bagi masalah kita.

Misalnya : ada masalah ketika membantu anak belajar di rumah.  Maka peluang usaha membuka jasa les privat untuk membantu anak belajar di rumah adalah peluang yang menarik untuk dikembangkan di saat ini.

Contoh lainnya, jenuh di rumah saja.  Ingin berwisata tapi yang bebas dari kerumunan dan keramaian.  Maka peluang usahanya adalah jasa wisata outdoor private, terbatas.  Tentu akan menjadi solusi untuk orang yang ingin berlibur tapi tidak ingin ada kerumunan.

Dan masih banyak lagi ide lainnya.

Menyediakan Solusi Masalah Dalam Bentuk Bisnis Layanan Kita

Setelah menemukan apa masalah yang dapat diselesaikan dengan bisnis kita, maka saatnya mulai merancang bisnis yang membantu memecahkan masalah banyak orang tersebut.

Petakan apa kekuatan kita dan apa kelemahan kita.  Tutupi kelemahan dengan berkolaborasi dengan pihak lain yang memiliki kekuatan di kelemahan kita.

Misalnya, ingin membuka jasa les private tapi sebetulnya tidak bisa mengajar.  Maka bisa berkolaborasi dengan guru-guru honorer atau guru-guru sekolah swasta yang tentunya banyak membutuhkan pekerjaan.

les private di era pandemi

les private di era pandemi

Anda yang melakukan pemasaran dan guru-guru tersebut di ajak sebagai mitra pengajar.

Ingin melakukan pemasaran online, tapi tidak tahu bagaimana caranya, maka akan sangat bijaksana kalau berkolaborasi dengan mereka yang biasa melakukan kegiatan ini.  Dan seterusnya.

Kolaborasi ini akan lebih murah dan mudah karena dapat menghemat waktu dan juga biaya.  Disisi lain, bisnis juga dapat berjalan dengan lebih cepat.

Fokusnya ada pada bisnis ini dapat secepatnya dijalankan.  Sehingga akan lebih mudah apabila berkolaborasi dengan orang-orang yang telah berpengalaman di bidangnya masing-masing.

Mulai Melakukan Pemasaran Online

Kenapa pemasaran online disarankan?

Karena pemasaran online ini dapat menjangkau lebih banyak orang yang di rumah saja.

Bisnis yang sulit ditemukan, akan sulit mendapatkan penjualan.  Dan saat ini, cara paling mudah untuk ditemukan oleh konsumen adalah melalui internet.

Siapkan nomer yang dapat dihubungi kapan saja dan siapkan pula layanan delivery agar konsumen yang memang mengurangi aktifitas di luar dapat tetap terjangkau.

Pemasaran online ini juga menjadi solusi secara handphone adalah alat yang tidak lepas dari semua orang.  Hampir semua orang menggunakan handphone untuk mengisi waktunya.

Dari situasi inilah akan sangat menguntungkan apabila kita dapat terhubung dengan mereka melalui handphone mereka.

Melakukan Adaptasi Bisnis

Adaptasi bisnis dapat dilakukan apabila produk/jasa yang kita miliki dapat menjadi solusi dari salah satu masalah di masyarakat tersebut.

Contohnya, apabila selama ini Anda memiliki bisnis bimbingan belajar, maka membuka jasa layanan bimbingan belajar private adalah bentuk adaptasi bisnis yang cerdik.

Bisa juga, jika Anda memiliki kursusan yang mengharuskan siswa belajar secara offline, maka membuka kursus online adalah salah satu bentuk adaptasi bisnis yang relevan dengan situasi sekarang.

Contoh lainnya : misalnya usaha Anda adalah jasa laundry, maka menambah layanan jasa disinfektan juga banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

Dan masih banyak lagi bentuk-bentuk adaptasi bisnis yang tentunya menarik untuk dilakukan.

Apabila Anda merasa tidak menemukan ide yang sesuai, mencari teman diskusi untuk diajak bertukar pikiran adalah salah satu hal yang bisa dicoba.  Untuk dapat menemukan, apa bentuk adaptasi bisnis yang bisa dilakukan untuk bertahan di situasi seperti sekarang ini.

Tetap Semangat – Jangan Berputus Asa

Pepatah Cina mengatakan bahwa di balik masalah akan selalu ada peluang.  Disinilah kita perlu terus bergerak dan mencari celah untuk mendapatkan peluangnya.

Terkadang prosesnya memang berliku dan tidak mudah, namun akan selalu ada jalan bagi Anda yang terus berusaha dan mencari.

Tips Bisnis Menghadapi Situasi Pandemi Covid-19

Tips Bisnis Menghadapi Situasi Pandemi Covid-19

Tetap semangat bahwa pandemi akan segera berakhir dan kita akan dapat melewatinya akan menjadi penyemangat yang membuat kita tetap bertahan menghadapinya.

Bertemu dengan orang-orang yang optimis dan kurangi mengeluh juga menjadi satu trik jitu menghadapi pandemi ini dengan tegar.

Semangat :).