Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Membuat Kita Enjoy Menjalaninya

Memilih Jurusan Kuliah

Buat yang lagi di kelas 3 SMA atau SMK dan ingin melanjutkan kuliah, biasanya sekarang sedang mulai galau dan bingung niy.  Mau milih jurusan kuliah nya apa ya?

Diantara ratusan jurusan kuliah yang ditawarkan, mana siy yang sebenarnya cocok?  Apa mau ikut kata mama-papa? Apa mau ikut pendapat teman-teman?  Apa ikut kata hati aja?  Hla kalau kata hatinya aja masih galau, terus gimana dong? Hihihi….

Memilih jurusan kuliah itu sebenarnya bukan pekerjaan sederhana, kenapa?  Karena nantinya akan mempengaruhi perjalanan hidup kita setidaknya selama 4 – 5 tahun. Bahkan bisa juga nanti akan mempengaruhi perjalanan kehidupan kita ke depan…:)

Trus ada ngga siy sebenernya tips supaya bisa memilih jurusan yang bikin kita enjoy menjalaninya, trus bisa mendukung cita-cita karir kita ke depannya?

Jelas ada donk … untuk itulah tulisan ini dibuat….hihihi

Baca Juga : Tahukah Anda Apa Itu Mesin Kecerdasan Sensing STIFIn?

Tips Memilih Jurusan Yang Kita Banget

  1. Kenali apa bakat dan minat kita

Mengenali bakat dan minat kita ini sebenarnya sesuatu yang perlu kita ketahui semakin dini.  Bakat adalah kemampuan terpendam yang ada di dalam kita (berasal dari internal diri kita), sedangkan minat banyak dipengaruhi oleh faktor luar (misalnya trend, teman/pergaulan, sekolah, masukan orang tua, dll)

Nah seringnya kita itu bisa memiliki minat tapi masih belum tahu bakat kita.  Cara mudah menemukan bakat kita adalah hal apa yang kalau kita melakukan itu senang, dan ketika melakukannya prosesnya mudah kita lalui dengan hasil yang baik.  Juga ketika mempelajari hal itu, kita cepat nangkepnya dan cepat bisa melakukannya/prakteknya.

Coba cek nilai kita, mana nilai kita yang paling bagus dan kita senang dengan pelajaran itu.  Kalau ketemu, bisa kemudian kita melihat jurusan-jurusan apa saja  yang menggunakan pelajaran tersebut sebagai mata kuliah utamanya.

Contohnya niy, misal suka dengan pelajaran matematika.  Nilainya bagus dan cepat kalau nangkep pelajaran matematika.  Maka bisa mulai mengumpulkan apa saja siy jurusan yang banyak menggunakan ilmu-ilmu matematika dalam proses kuliahnya?  Misalnya jurusan teknik (sipil, elektro, dll).  Atau langsung milih ke jurusan matematika itu sendiri.

Kalau ternyata tidak menemukan apa siy sebenarnya mata pelajaran yang paling disukai (karena ternyata nilainya rata-rata semua, sekolah juga biasa aja), maka bisa melakukan tes minat bakat yang banyak ditawarkan sekarang ini.

Salah satu tes minat bakat yang ada adalah Tes STIFIn.  Tes ini akan memberitahumu tentang Mesin Kecerdasan atau lokomotif kecerdasan yang kita miliki.  Disamping juga akan memberikan informasi tentang kepribadian genetikmu (kepribadian bawaan).

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Tentang STIFIn Tes

Dengan mengetahui mesin kecerdasan kita, maka kita akan mengetahui cara berpikir kita, bagaimana informasi masuk ke otak kita, dan bagaimana cara kita mengolah informasi tersebut.

Karena mengetahui proses berpikir kita, maka kita juga akan mengetahui apa siy sebenarnya jurusan yang enjoy untuk kita, dan apa jurusan yang tidak cocok untuk kita.

Bukan hanya itu, dengan tahu mesin kecerdasan kita, kita juga bisa memilih rencana karir apa yang yang akan kita bangun setelah lulus kuliah nantinya.  Karir yang memang sesuai dengan diri kita.

  1. Liat prospek karir setelah lulus

Setelah menemukan informasi tentang apa minat dan bakat kita, nah langkah berikutnya adalah mencari informasi yang banyak tentang pilihan-pilihan karir setelah lulus kuliah.

Mencari informasi karir ini bisa dengan kita diskusi dengan kakak kelas yang sudah berada di karir yang bersangkutan.  Ngobrol dengan saudara yang usianya jauh di atas kita.  Atau dengan guru BK (Bimbingan dan Konseling) yang nantinya bisa memberikan banyak wawasan.

Baca Juga : Bagaimana Otak Intuiting STIFIn Bekerja

Setelah idenya dapat, mulai cari informasi di internet untuk informasi yang lebih mendalam tentang karir tersebut.

Merencanakan karir ini penting dilakukan supaya pada saat kuliah nanti kita betul-betul belajar dengan serius dan pada saat lulus kuliah kita sudah memiliki bekal pengetahuan untuk memasuki karir yang kita rencanakan.

Memilih karir ini juga penting dilakukan karena akan menjadi jalan penghidupan kita kedepannya.  Supaya kita nanti bisa mandiri dan siap untuk tidak mendapat support financial dari orang tua.

  1. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang jurusan dan kampus yang ingin kita masuki

Nah, jika pilihan jurusan kuliah sudah mantap, pilihan karir juga sudah ditentukan, saatnya mencari informasi tentang kampus yang akan di pilih.

Informasi tentang kampus ini akan sangat banyak di temukan di internet.  Atau bisa juga dengan diskusi dengan kakak kelas, teman, saudara atau dengan guru BK.

Jika memungkinkan kunjungi kampus tersebut sebelum di pilih untuk bisa mendapatkan gambaran suasana kampus.

Cari juga informasi tentang jumlah biaya yang perlu disiapkan untuk mendaftar, mengikuti praktikum, biaya hidup, harga kost dan lain-lainnya.  Supaya nanti ketika kita mengajukan proposal ke orang tua, orang tua memiliki informasi yang lengkap tentang berapa anggaran yang perlu dipersiapkan setiap bulannya.

Dengan memiliki proposal lengkap, juga akan membuat orang tua lebih yakin untuk mendukung kita karena melihat kesungguhan kita dalam memilih jurusan impian kita ini.

Baca Juga : Belajar Menulis Artikel Gaya Feeling STIFIn

  1. Diskusikan dengan orang tua

Setelah semua hasil informasi didapatkan, susun dalam bentuk laporan yang lengkap (kalau bisa bentuknya print out).  Yang isinya adalah

  • Minat dan bakat kita (berikan data-data pendukung, misalnya sertifikat hasil tes STIFIn, nilai raport, dll)
  • Rencana karir kedepannya setelah lulus kuliah
  • Pilihan jurusan kuliah beserta nama kampus dan alamatnya
  • Informasi tentang biaya masuk, biaya hidup, biaya kost, biaya praktikum, dll

Diskusikan dengan orang tua kemudian dengarkan masukan orang tua.  Termasuk ketika usulan kita diterima atau di tolak, maka kita perlu tetap berdiskusi dengan tenang dengan mereka.  Dengarkan masukan yang mereka sampaikan dan kita ikuti masukan-masukan tersebut.

  1. Persiapkan diri menghadapi ujian masuknya

Jika keputusan tentang jurusan yang kita dan orang tua telah disepakati, maka kita tinggal mempersiapkan diri menghadapi ujian masuknya.

Nah kan, ternyata untuk bisa memilih jurusan kuliah, kita perlu melakukan riset kecil yang lengkap dan menyeluruh.

Baca Juga : Mengenal Diri Sendiri, Fase Galau Yang Perlu Dilewati

Kenapa mesti repot-repot melakukannya?

Karena kita tentu tidak ingin membuang waktu dan biaya sia-sia selama 4-5 tahun ke depan kan?  Jadi kita memang perlu mempersiapkan dengan bersungguh-sungguh.

Selamat mencoba :).

2 tanggapan pada “Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Membuat Kita Enjoy Menjalaninya”

  1. Pingback: Percaya Diri = Percaya Pada Diri Sendiri - Yuks Belajar

  2. Pingback: Menertawakan Diri Sendiri Itu Sehat - Yuks Belajar

Tinggalkan Balasan