Usaha Rumahan

Usaha Catering

Ide Usaha Rumahan

Peluang usaha rumahan saat ini sangat diminati karena dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan besar, baik sebagai usaha sampingan maupun untuk penghasilan utama.

Usaha rumahan ini banyak sekali macamnya baik yang sudah ada maupun mengembangkan peluang yang sudah ada.

Dalam artikel ini akan dibahas berbagai daftar peluang usaha rumahan yang menjanjikan walaupun dengan modal yang minim.

Namun sebelumnya kita simak dulu kelebihan dan kekurangan dari usaha rumahan dan beberapa faktor yang membuat usaha rumahan bisa sukses.

Baca Juga : Pelajaran Membangun Bisnis

Kelebihan Usaha Rumahan:

  1. Tidak perlu menyewa tempat, gunakan ruangan yang ada di rumah
  2. Bisa ajak anggota keluarga untuk bekerja agar bisa menekan biaya upah
  3. Waktunya fleksibel

Kekurangan Usaha Rumahan:

  1. Lokasi rumah kurang strategis
  2. Membutuhkan pengetahuan lebih tentang pemasaran, manajemen usaha dan keuangan
  3. Sulit membedakan kepentingan usaha dan kepentingan keluarga.

Kiat Mengelola Usaha Rumahan

Kemudian agar usaha rumahan bisa sukses dan berhasil maka diperlukan pengelolaan yang baik, berikut kiat kiatnya:

  1. Keuangan dikelola secara profesional

Laporan Keuangan Usaha
Laporan Keuangan Usaha

Setiap pengeluaran dan pemasukan harus dicatat dalam pembukuan. Pengusaha rumahan juga harus bisa membedakan uang pribadi dan dana usaha agar usaha jadi lebih terkontrol.

  1. Membuat Tim yang solid

Membangun Team
Membangun Team

Boleh saja kita mengajak anggota keluarga untuk bekerja dengan kita, namun harus dipastikan akan menjadi tim yang solid. Tiap anggota tim mendapat tugas masing masing yang profesional. Karakter anggota tim tentu harus kompak dan sirama agar tidak terjadi perselisihan.

  1. Membuat skala prioritas

Buatlah rencana usaha yang didasarkan pada urutan skala priorita. Agar usaha terus berjalan lancar.

Usaha Rumahan Yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

Berikut beberapa contoh usaha rumahan yang terbukti bisa sangat menguntungkan dengan besaran modal bisa disesuaikan dengan financial kita :

  1. Usaha Catering

Usaha Catering
Usaha Catering

Usah catering bisa dirintis mulai dari kecil kecilan seperti menerima pesanan di lingkungan sekitar, ibu-ibu PKK. Dalam skala besarnya bisa juga untuk acara hajatan dan tasyakuran.

Usaha catering bisa sangat menguntungkan karena kebutuhan akan makanan akan selalu ada. Apalagi jika kita hidup di lingkungan ibu ibu dan wanita karir yang sibuk, mereka akan lebih suka memesan catering daripada memasak.

  1. Air Minum Isi Ulang

Usaha Air Minum Isi Ulang
Usaha Air Minum Isi Ulang

Air minum kemasan atau air minum isi ulang saat ini sudah menjadi kebutuhan sebagian besar masyarakat. Karena tidak perlu repot memasak dan mengingat di beberapa tempat sangat sulit mendapatkan air bersih.

Sehingga jika membuka usaha isi ulang air minum bisa sangat menguntungkan karena banyak peminatnya.

  1. Usaha Laundry

Usaha Laundry
Usaha Laundry

Jasa laundry bisa dilakukan baik di kota maupun desa sekalipun. Usaha laundry sangat potensial jika dibuka di lingkungan perkantoran, kampus, ataupun perumahan. Apalagi jika saat musim hujan, bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan berlipat lipat.

  1. Membuka kios pintar

Kios pintar disini maksudnya dalam 1 kios kita dapat melayani berbagai kebutuhan konsumen seperti isi ulang pulsa, kuota, token listrik, tagihan BPJS, tagihan angsuran Bank, membeli tiket kereta, dan masih bayak lagi.

  1. Menjadi Agen Pengiriman

Menjadi agen pengiriman juga sangat berpotensi apalagi iika lebih dengan masyrarakat. Jasa pengiriman ini banyak sekali macamnya, kita tinggal sesuaikan saja dengan selera masyarakat.

Baca Juga : Usaha Waralaba

Usaha Rumahan Untuk Lulusan SMA

Peluang usaha rumahan sebenarnya bisa untuk siapa saja baik lulusan SD, SMP, SMA maupun Sarjana. Namun yang akan dibahas dsini yaitu usaha rumahan yang cocok bagi yang lulusan SMA atau sederajat.

Mengingat tenaga kerja Indonesia banyak yg lulusan SMA dan peluag kerja tidak bisa memadai. Berikut ada beberapa contoh yang bisa dicoba bagi lulusan SMA/SMK yang ingin memulai usaha rumahan.

  1. Kerajinan Tangan

Jika kita memiliki keahlian dan kreatifitas ada baiknya kita menyalurkannya ke kerajinan tangan. Kerajinan tangan ini bisa saja dari barang bekas maupun modifikasi. Saat ini sudah bnayak yang mencoba usaha kerajinan tangan dan jenisnya banyak sekali. Kita bisa cari referensi dulu untuk kerajinanapa yang paling diminati.

Baca Juga : Bisnis Rumahan

  1. Berjualan Online

Lulusan SMA biasanya tidak asing dengan dunia internet, maka usaha berjualan online ini sangat cocok untuk dilakukan. Kita bisa menjadi reseller, dropshiper maupun berjualan barang dagangan sendiri.

  1. Menjadi Seorang Penulis

Peluang usaha ini sangat cocok bagi kita yang suka menulis. Apalagi kalau baru lulus dari SMA biasanya kreatifitas kita masih tinggi, ide ide menulis banyak muncul di kepala kita. Menulis ini banyak sekali macamnya seperti menulis karya ilmiah, cerita fiksi, novel, tips dan trik, komik, dan lain lain.

  1. Berjualan Makanan Ringan dan Kue (Kue basah maupun Kue kering)

Untuk menjalankan usaha rumahan ini tidak terlalu sulit, syaratnya kita harus tahu dan paham celah dalam usaha ini. Membuat kue bisa hanya dengan modal melihat resep di youtube, modalnya juga tergolong kecil. Untuk pemasaran dan penjualannya bisa dilakukan melalui media online yang kita miliki, bisa instagram, facebook, dan lain lain.

  1. Usaha Toko Fashion

Usia muda dan baru lulus SMA biasanya masih peka dalam hal fashion. Kita harus memiliki pengetahuan mengenai trend fashion yang paling up to date. Jika kita punya kemampuan menjahit maka ada baiknya kalau kita membuat fashion kita sendiri, ataupun memodifikasi fashion yang sudah ada. Namun jika ingin menjual fashion orang lain juga tidak ada salahnya.

Baca Juga : Bisnis Sampingan

Usaha Rumahan Modal Kecil 2018

Di tahun 2018 banyak sekali ide usaha rumahan yang bisa dilakukan dengan modal kecil. Jadi jika kita masih memiliki keterbatasan modal maka jangan khawatir, kita tetap bisa memulai usaha rumahan yang menguntungkan.

Berikut ini beberapa ide usaha rumahan yang sedang trend di 2018 ini:

  1. Bisnis Online

Sudah menjadi rahasia umum kalau bisnis online ini bisa dilakukan dimana saja termasuk di rumah, kita hanya membutuhkan perangkat kumputer/laptop atau bisa juga hanya android lalu pastikan terhubung dengan internet. Dengan begitu usaha rumahan binis online bisa langsung kita jalankan.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

  1. Bisnis Kue Basah

Bisnis kue basah seperti cake ulang tahun, bolu untu acara hajatan dan lainnya tidak perlu modal yang besar. Yang kita butuhkan hanya alat alat membuat kue dan kreativitas kita dalam membuat kue tampak menarik.

Bisnis kue ini bisa dibilang tanpa resiko, karena sifatnya kue basah maka biasanya bisnis ini hanya menerima order saja jadi jangan takut tidak laku dan basi. Karena kue dibuat saat ada pesanan saja.

  1. Bisnis Souvenir pernikahan

Jika kita memiliki kreatifitas dan keterampilan tangan bisnis souvenir pernikahan bis juga dicoba. Souvenir pernikahan banyak sekali macamnya, mulai dari talenan kayu, kipas lipat, gunting kuku, dan banyak lagi produk produk yang unik. Cara memasarkannya cukup melalui media sosial, kita hanya perlu menyediakan sample.

Usaha Rumahan Makanan Ringan

Bisnis kuliner yang tidak pernah kehilangan pasar adalah makanan ringan. Target pasar dari produk makanan ringan ini bisa segala umur.

Asalkan mempunyai inovasi dan kreativitas serta mampu konsisten berkesinambungan dalam menjalnkan usaha ini maka akan sangat menguntungkan.

Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Bisnis Makanan Ringan

Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi kesusksesan bisnis makanan ringan :

  1. Kualitas Makanan Ringan yang bagus

Kualitas yag bagus dari makanan ringan ini bisa dilihat dari segi bahan baku yang digunakan, cara pengolahan serta pengemasannya.

Bahan yang digunakan haruslah higenis dan halal, pengolahannya harus dengan baik dan sesuai dengan standar, pengemasannya pun harus dibuat semenarik mungkin dan memenuhi standar.

  1. Berinovasi baik dalam produk maupun pemasarannya

Makan ringan yang beda dari yang lain membuat produk tersebut mudah dicari dan konsumen juga bisa dengan mudah membedakannya. Intinya, walaupun bahan bakunya sama tetapi kita harus ber inovasi agar berbeda degan produk yang sudah bereddar di masyarakat.

  1. Ciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan

Menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan bisa dilakukan dengan cara melayani pelanggan dengan baik dan bijaksana, entah kita kenal ataupun tidak dengan pelanggan.

Pelayanan yang hangat dan ramah akan sangat disukai konsumen. Hal ini untuk menjaga loyalitas pelanggan, jika pelanggan sudah nyaman dengan pelayanan kita maka dipastikan bahwa ia akan berkunjung kembali/ order kembali.

Media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk branding produk makanan ringan kita dan membuat hubungan kita dengan pelanggan lebih dekat. Hal ini juga bisa memberikan dampak dan kemungkinan pelanggan kita tersebut akan mengajak temannya untuk membeli juga ditempat kita.

  1. Sesuaikan strategi penjualan dengan segmen pasar yang diincar

Kita harus paham pasar kita seperti apa, karena setiap segmen pasar memiliki karakteristiknya sendiri sendiri. Misalnya target kita adalah ibu ibu rumah tangga, maka biasanya produk makanan ringan yang mereka inginkan adalah yang murah dan isinya banyak.

Namun berbeda dengan anak muda jaman sekarang, mereka lebih memperhatikan kemasan makanan, dan keunikan produk, tidak perduli pada volume dan harga produk.

  1. Membangun Visi Misi

Dalam berbisnis apapun itu, termasuk makanan ringan, kita harus selalu berpikir ke depan, dan selalu berpikir positif. Karena dalam menjalankan bisnis kita harus dapat melayani pelanggan dengan sangat baik. Hilangkan semua pikiran negatif karena hanya akan merusak mood dan aura kita jadi buruk.

Ide Bisnis Usaha Makanan Ringan

Jika kita sudah mengetahui kiat kiat dalam berbisnis makanan ringan, sekarang kita bisa intip beberapa ide makanan ringan yang bisa menjadi usaha rumahan.

  1. Keripik

Semua orang pasti akrab dengan yang namanya keripik. Usaha rumahan keripik juga dijamin tidak akan sepi karena peminatnya tidak akan habis. Apalagi sekarang keripik semakin banyak macamnya, tinggal bagaimana kita berinovasi agar beda dari keripik yang lainnya. Jenis keripik yang sudah familiar misalnya keripik singkong, keripik ubi, keripik talas, keripik tempe, keripik kentang, keripik pisang, keripik getuk, keripik buah buahan, keripik bayam dan lain lain.

  1. Kerupuk

Ada istilah jika makan tidak pakai kerupuk maka ada yang kuran atau kurang ramai. Nah beberapa usaha kerupuk saat ini juga sangat diminati seperti kerupuk seblak, kerupuk kulit, kerupuk udang, dan lain lain

  1. Kue kering

Kue kering dan juga butter cookies diminati disaat saat tertentu seperti saat harii raya. Ini bisa menjadi peluang untuk kita tinggal bagaimana kita membuatnya semenarik mungkin dan rasanya juga harus enak, karena kue kue kering ini biasanya disajikan untuk tamu yang berkunjung.

  1. Froozen food

Froozen food atau makanan dalam kemasan beku ini sekarang diminati ibu ibu karir yang tidak ada waktu untuk memasak.

Jadi froozen food ini adalah makanan dalam bentuk beku dan cara mengolahnya biasanya hanya tinggal digoreng saja. Contoh yang sering dijumpai yaitu cireng, kebab, otak otak, nugget, sossing, baso, siomay, dan lain sebagainya.

  1. Makanan dan jajanan Instan

Makanan instan adalah trend terbaru yang banyak sekali peminatnya. Biasanya peminatnya adalah orang kantoran, mahasiswa, dan anak sekolah. Makanan ini sangat praktis saat dikonsumsi. Sebagai contohnya yaitu cuanki instan, seblak instan, batagor instant, dan lai lain.

Peluang Usaha Rumahan Di Desa

Tinggal di sebuah desa atau suatu perkampungan biasanya penduduknya tidak terlalu padat. Hal ini juga bisa menjadi sebuah peluang usaha rumahan. Dibawh ini ada beberapa contoh ide yang bisa dicoa untuk usaha rumahan di Desa atau Perkampungan :

  1. Usaha ternak dengan modal kecil

Mindset orang saat ini jika ingin usaha ternak maka harus memiliki modal yang besar, tetapi jika mau dilihat lebih luas lagi masih ada peluang bisnis dalam bidang peternakan yang bisa dijalankan walaupun dengan modal yang minim.

Usaha rumahan ini walaupun dengan modal kecil tetapi tetap memiliki potensi dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Usaha ternak yang bisa dijalankan dengan modal kecil ini misalnya ternak siput (bekicot), ternak merpati, ternak semut untuk pakan burung, ternak jangkrik, ternak burung merpati dan lain sebagainya.

  1. Penyedia Jaringan Internet Wifi

Seperti kita ketahui kebutuhan internet sudah semakin meningkat bahkan sampai menyentuh ke pelosok desa atau perkampungan.

Namun provider seluler kurang bisa menjangkau area pedesaan, atau kalaupun ada makan kecepatannya tidak seberapa. Maka ini bisa menjadi peluang usaha sebagai penyedia jaringan internet melalui WiFi.

  1. Usaha Tambal Ban Motor

Saat ini sudah di pastikan setiap orang memiliki kendaraan bermotor untuk menunjang aktifitasnya. Tidak hanya di perkotaan, di desa pun sekarang orang lebih suka berpergian dengan kendaraan motor yang mereka miliki sendiri. Namun di desa masih jarang ditemui bengkel atau tukang tambal ban. Hal ini bisa menjadi peluang pasar yang sangat empuk.

  1. Usaha Jual Bensin Eceran

Seperti sudah dibahas diatas, masyarakat desa sekarang sudah banyak yang menggunakan motor sebagai kendaraan sehari hari.

Di desa umumnya sangat jauh jika harus ke SPBU,oleh karena itu usaha rumahan ini bisa jadi sangat potensial. Kita bisa menyesuaikan stock bensin kita dengan kemampuan finansial kita saja, tidak perlu terlalu banyak seperti Pertamini.