Waralaba

Bisnis Waralaba

Usaha Waralaba atau Franchise merupakan hubungan bisnis antara pemilik merek, produk ataupun sistem operasioal dengan pihak kedua yang berupa pemberian izin oleh pemakaian merek, produk dan sistem operasional dalam jangka waktu yang telah di tentukan sebelumnya.

Pengertian lainnya dari waralaba yaitu bentuk kerjasama bisnis maupun usaha dengan memakai prinsip kemitraan antara suatu perusahaan yang sudah mapan dari segi sistem manajemen, keuangan, marketing dan adanya merek dari produk perusahaan yang sudah dikenal oleh masyarakat luas, dengan perusahaan atau individu yang memakai merek dari produk maupun sistem tersebut.

Bisnis Waralaba
Bisnis Waralaba

Baca Juga : Bisnis Rumahan

Usaha Waralaba

Usaha franchise ialah jenis usaha yang  termasuk dalam usaha bersama, kerjasama, atau kemitraaan, dimana pemilik modal mengajukan kerjasama dengan pemilik merk atau produk sehingga terjalinlah hubungan kerjasama yang saling menguntungkan.

Usaha ini sangat cocok untuk di jalankan oleh pemula karena usaha ini di jalankan secara bersama, bahkan kita juga akan mendapat pelatihan saat akan menjalankannya.

Baca Juga : Bisnis Sampingan

Tips Menjalankan Usaha Waralaba

Jika kita ingin memulai sebuah usaha ini sebaiknya kita membaca tips agar sukses memulai usaha seperti berikut ini:

  1. Pilih Yang Mudah di Jalankan

Pertama yang harus kita lakukan yaitu mencari usaha ini yang mudah atau gampang untuk di jalankan.

Kita sebagai pemula memulai suatu hal sebaiknya dari yang mudah dulu baru bisa menjalankan yang sulit.

Usaha ini yang gampang adalah yang tidak banyak memerlukan waktu dan pikiran, serta pastikan juga waralaba tersebut mudah dan praktis untuk di jalankan.

  1. Pilih dengan Harga Produk Terjangkau

Kita harus mencari yang harga produknya terjangkau oleh semua kalangan. Harga yang murah dengan kualitas produk yang bagus akan menjadi idaman bagi konsumen.

  1. Pilih Yang Banyak di Cari Konsumen

Surveylah terlebih dahulu pasar kita tentang produk atau barang apa yang sedang disukai banyak orang. Contohnya untuk saat ini  yang paling ramai dan banyak peminatnya yaitu usaha kuliner, maka itu bisa menjadi bahan pertimbangan.

  1. Pilih Dengan Pelayanan Yang Baik

Bergabunglah dengan usaha  yang sudah teruji memiliki pelayanan yang baik. Pelayanan yang baik bisa ditunjukkan dengan pemberian garansi produk, pelayanan dan informasi yang lengkap kepada kita, pelatihan dan edukasi produk, dan lain lain.

  1. Pilih Yang Dekat Dengan Rumah Anda

Memilih yang dekat dengan tempat tinggal kita akan memudahkan kita dalam mendapatkan informasi mengenai usaha tersebut. Kordinasi dengan pemilik waralaba juga akan lebih mudah jika lokasinya dekat dengan tempat tinggal kita.

Sukses Berusaha Waralaba
Sukses Berusaha Waralaba

Baca Juga : Bisnis Online

Bisnis Waralaba

Banyak yang beranggapan bisnis ini lebih mudah dijalankan daripada membangun bisnis sendiri dari awal. Banyak sekali kelebihan untuk menjalankan bisnis ini, tetapi tidak sedikit juga kekurangannya.

Berikut yang dapat kita pertimbangakan jika akan memulai bisnis ini:

  1. Keuntungan Waralaba

  • Sudah ada manajemen bisnisnya

Jika kita berbisnis dengan sistem ini artinya kita berbisnis di bawah bendera bisnis lain yang sudah memiliki reputasi yang bagus. Manajemen bisnis telah teruji sebelumnya dan kita hanya perlu mengimplementasikan atau menjalankannya di tempat yang baru.

  • Sudah dikenal masyarakat

Bisnis dengan sistem ini lebih mudah dipasarkan , karena masyarakat sudah mengenal bisnis tersebut. Jadi kita tidak perlu promosi dengan tenaga yang ekstra seperti kita mempromosikan bisnis baru.

  • Manajemen finansial yang lebih mudah

Manajemen finansial sudah ditentukan oleh pemilik sistem, sehingga kita sebagai pelaksana di lapangan tidak perlu pusing lagi dengan sistem manajemen finansial.

  • Kerjasama bisnis telah terbangun

Jika kita membeli sebuah sistem bisnis kita juga bisa mendapatkan keuntungan kerjasama yang sudah terbangun sebelumnya oleh pemilik. Misalnya kerjasama dengan pemasok bahan baku, pihak periklanan dan juga pemasaran.

  • Dukungan dan keamanan yang lebih kuat

Pemilik  akan mendukung penuh kebutuhan kita seperti memberikan pelatihan manajemen finansial, pemasaran, periklanan dan lain lain.

  • Bisa mendapat untung lebih besar?

Mungkin kita berfikir bahwa keuntungan bisnis ini akan sangat besar karena brand atau produk yang kita jual sudah dikenal banyak orang. Tetapi pada prakteknya biaya yang dikeluarkan oleh pembeli kepada pihak pemilik dipotong dari keuntungan yang didapatkan.

  1. Kekurangan Bisnis Waralaba

  • Kurang kendali

Karena sistem telah ditentukan oleh pemilik, pembeli tidak mendapatkan cukup kendali pada bisnisnya sendiri. Ruang gerak bagi pembeli  juga sangat dibatasi sehingga tidak memungkinkan untuk berinovasi atau berkreativitas pada produk yang dijualnya tersebut.

  • Sangat terikat dengan supplier

Dalam sistem bisnis ini, pemasok barang juga sudah ditentukan oleh pemilik. Sehingga kita tidak bisa memilih supplier lain yang mungkin saja lebih murah.

  • Ketergantungan pada reputasi waralaba lain

Karena banyaknya jaringan bisnis dengan sistem ini, reputasinya juga sangat tergantung dari reputasi pengelolan lain. Jika ada pengelola yang melakukan kesalahan sehingga membuat reputasi  rusak maka pengelolan yang lain pun akan terpengaruh reputasinya.

  • Biaya waralaba

Biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan bisnis ini yaitu pada saat awal perjanjian dan kemudian ada biaya lanjutan juga untuk pelatihan serta dukungan teknis lainnya.

  • Pemotongan keuntungan

Sebagai pembeli, kita di wajibkan untuk menyetorkan sejumlah uang dari keuntungan yang kita dapatkan. Jika keuntungan yang didapatkan hanya sedikit, maka keuntungan tersebut akan dipotong untuk menutupi biaya ini.

Baca Juga : Pelajaran Membangun Bisnis

Peluang Bisnis Waralaba

Berikut ini merupakan beberapa peluang bisnis dengan sistem yang bisa dijalankan dengan modal yang relatif kecil:

  • Bisnis Waralaba Makanan dan Minuman

Menjalankan bisnis kuliner dengan sistem ini mempunyai potensi bisnis yang lumayan bagus karena setiap orang membutuhkan makanan serta ada dorongan tertentu untuk mencoba makanan baru. Saat ini banyak bisnis kuliner bersistem yang menawarkan produknyanya dengan harga yang relatif terjangkau. Sebaiknya kita menentukan bisnis waralaba makanan & minuman yang mempunyai keunikan, punya potensi bisnis yang bagus, dan harganya terjangkau.

  • Bisnis Waralaba Laundry & Jasa Kebersihan

Bisnis laundry sebenarnya mempunyai potensi yang sangat bagus, tentunya apabila bisnis ini dijalankan di lokasi yang strategis seperti dekat rumahsakit, wilayah perkantoran, wilayah kampus, dan wilayah perumahan yang biasanya banyak orang sibuk. Untuk bisnis waralaba laundry, biasanya pemilik waralaba akan membantu kita dalam menentukan lokasi yang strategis untuk bisnis ini.

  • Bisnis Waralaba Di Bidang Kesehatan & Kecantikan

Tempat perwatan kesehatan dan kecantikan sekarang sudah menjadi tren dan juga menjadi kebutuhan baik bagi kaum perempuan maupun laki laki. Tempat perawatan kesehatan dan kecantikan yang paling laris ini misalnya tempat fitness, salon, reflexy, spa dan lain lain. Namun perlu diingat bisnis ini membutuhkan keahlian tertentu dan modalnya pun sedikit agak mahal.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

  1. Bisnis Waralaba Di Bidang Jasa Pendidikan & Pelatihan

Bila kita memiliki minat pada industri jasa pendidikan dan pelatihan, maka kita wajib mempertimbangkan untuk memilih waralaba ini. Namun, tidak semua perusahaan di bidang jasa pendidikan dan pelatihan menawarkan waralabanya dengan harga yang murah.

Contoh Waralaba

Ada banyak contoh usaha waralaba yang seringkali kita temui.  Bahkan kita barangkali sering membeli dari usaha tersebut.

Apa sajakah contoh usaha waralaba itu?

Berikut ini adalah beberapa contoh usaha waralaba yang terkenal dan laris :

  • Indomart

Indomart barangkali menjadi contoh waralaba yang cukup berhasil di Indonesia.  Menawarkan sistem penjualan bahan kebutuhan sehari-hari dalam bentuk minimarket.

Mengusung tema suasana yang nyaman dan ber-AC menjadikan minimarket ini banyak dijadikan pilihan anak-anak muda dalam berbelanja.

  • Alfamart

Tidak berbeda dengan pesaingnya, Alfamart bisa dikatakan pesaing terdekat dari waralaba Indomart.  Membedakan brand produknya dengan dominasi warna merah ternyata membuatnya cukup bagus dalam bersaing di bisnis retail ini.

  • Kebab Turki Baba Rafi

Waralaba dalam bentuk gerobak ini sepertinya menjadi pioner awal yang mengenalkan bahwa bisnis makanan gerobakan pun bisa dijadikan sebagai bisnis yang besar.

Melalui ribuan mitra yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan waralaba ini telah merambah ke luar negeri.

  • Kentucky Fried Chicken

Kentucky Friend Chicken atau yang lebih dikenal dengan nama KFC adalah contoh waralaba yang berasal dari luar negeri telah bertahan hingga puluhan tahun di Indonesia.

Bukan hanya di Indonesia, bisnis ini pun menguasai usaha waralaba di belahan dunia lainnya.  Bisa jadi ini adalah bisnis waralaba terbesar di dunia.

  • Warung Steak & Shake

Mengusung tema steak sebagai makanan yang bisa dikonsumsi oleh semua kalangan, Warung Steak & Shake ternyata cukup diterima oleh konsumen.

Terlihat dari penjualannya yang bagus dan masih bertahan hingga saat ini.  Pilihan makanannya yang menarik dengan harga yang terjangkau membuat Warung Steak & Shake disukai oleh anak-anak remaja dan keluarga Indonesia.

  • Bimba AIUEO

Waralaba ini masuk kategori waralaba pendidikan.  Dengan fokus utama mengajari anak-anak untuk belajar membaca, menjadikan Bimba AIUEO digemari oleh ibu-ibu muda yang memiliki anak usia balita.

Metode mengajar yang sistematis dan menyenangkan, menjadikan anak lebih mudah memahami pelajaran membaca yang seringkali menjadi momok bagi anak-anak.

Anak-anak akan belajar sembari bernyanyi gembira, sehingga proses belajar pun memudahkan mereka menerima materi yang diajarkan.

  • Nurul Fikri

Bimbingan belajar mulai booming sejak awal tahun 90-an.  Dan hingga sekarang masih menjadi salah satu pilihan bisnis yang menguntungkan.

Ditambah lagi dengan semakin sulitnya pelajaran di sekolah, maka ikut bimbingan belajar seperti sebuah pilihan yang paling tepat untuk anak-anak usia sekolah.

Nurul Fikri adalah salah satunya.  Bimbingan belajar yang satu ini telah banyak tersebar di berbagai daerah dengan jumlah alumninya yang mencapai ratusan ribu siswa.

1 tanggapan pada “Waralaba”

  1. Pingback: Ide Bisnis Cara Mendapatkan Uang Dari Internet 2018 Dengan Modal Minim

Tinggalkan Balasan